Sandiaga Uno Kurasi UMKM untuk Isi Galeri di IKN saat HUT Kemerdekaan RI

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) tengah mempersiapkan upaya mikro mini dan menengah (UMKM) untuk mengisi Galeri UMKM di Sumbu Kebangsaan Ibu Kota Nusantara alias IKN. Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan Galeri UMKM sudah selesai dibangun dan siap digunakan saat seremoni HUT ke-79 Kemerdekaan Indonesia. “Sedang kami kurasi. Karena tempatnya cukup luas, mungkin bisa menampung 100-an (UMKM),” kata Menteri Parekraf Sandiaga Uno ketiga ditemui usai aktivitas The Weekly Brief with Sandi Uno di Kemenparekraf, Senin, 13 Mei 2024.

Sandiaga juga mengatakan, Galeri UMKM tersebut bakal diisi produk dari beragam subsektor. Mulai dari kuliner, kriya, fesyen, musik, film, produk intelectuan property, hingga furnitur. Semuanya, kata Sandiaga, sedang disiapkan. “Targetnya kelak di bulan Agustus, saat kita merayakan HUT Kemerdekaan, sudah siap diisi dan siap melayani para visitor dan peserta seremoni HUT,” ujar Sandiaga.

Rencananya, tutur Sandiaga, pameran UMKM tersebut juga bersambung setelah momentum 17 Agustusan. Harapannya agar bisa mengakomodir kebutuhan para pekerja maupun visitor di IKN hingga saatnya kelak aparatur sipil negara (ASN) mulai pindah bertahap. “Makin banyak visitor nan datang ikut cek kesiapan IKN, baik para ASN maupun peserta secara keseluruhan,” ujar Sandiaga.

Pemerintah berencana menggelar upacara HUT ke-79 Kemerdekaan Indonesia di IKN, Kalimantan Timur, pada Agustus mendatang. Upacara ini sekaligus menjadi upacara terakhir Presiden Jokowi sebelum digantikan presiden terpilih dalam Pilpres 2024. Pemerintah pun tengah mengebut pembangunan prasarana dan prasarana dasar nan bakal digunakan saat 17 Agustusan.

Saat Tempo berjamu pada Senin-Selasa, 6-7 Mei 2024, Galeri UMKM di Sumbu Kebangsaan memang telah selesai dibangun. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan gedung tersebut hanya perlu dirapikan. "Jadi, untuk UMKM, kelak Pak Sandiaga Uno (Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif) nan bakal mengisi," kata Basuki ketika ditemui media di Galeri UMKM IKN, Selasa, 7 Mei 2024. 

Lebih lanjut soal pembangunan Sumbu Kebangsaan, Basuki menuturkan progres proyek tersebut telah mencapai 98 persen. Ia pun memastikan area tersebut bisa digunakan saat seremoni HUT ke-79 Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus mendatang. 

Prasarana lain nan sudah nyaris rampung adalah lapangan upacara nan terlat di depan Istana Negara. Basuki mengatakan lapangan berkapasitas 8.000 peserta upacara itu sudah siap 90 persen.

Sementara itu, pembangunan Istana Negara sudah mencapai 67 persen dan Gedung Kantor Presiden sudah mencapai 83,5 persen. Menurut Basuki, pembangunan prasarana tersebut hanya menyisakan pekerjaan arsitektural dan interior. Menurutnya semua pekerjaan itu ditargetkan bakal rampung juni mendatang.

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis