Sapi Kurban Jokowi di Masjid Surabaya Diberi Nama 'Mbrebes Mili'

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Surabaya, CNN Indonesia --

Sapi milik Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) bakal dikurbankan di Masjid Al-Akbar Surabaya, untuk Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah.

Sekretaris Badan Pelaksana dan Pengelola (BPP) Masjid Nasional Al Akbar Surabaya (MAS) Helmy M Noor di Surabaya mengatakan, sapi kurban milik Jokowi itu tiba, Minggu (16/6) pagi. Sapi itu diberi nama 'Mbrebes mili'.

"Alhamdulilah Presiden Jokowi secara istiqomah berkurban di Masjid Al Akbar Surabaya nyaris 10 tahun," kata Helmy, kepada awak media.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Helmy menjelaskan sapi kurban miik Jokowi ini berjenis Peranakan Ongole dengan berat satu ton. Sapi ini dibeli dari peternak berjulukan Teguh asal Kabupaten Lamongan, Jawa Timur.

"Presiden Jokowi berkurban Sapi jenis peranakan ongole berumur 5 tahun. Kemudian beratnya 1.010 kilogram," ujarnya.

Lebih lanjut, Helmy menyebut, sapi setinggi 156 centimeter dan berwarna putih itu diberi nama Mbrebes Mili.

"Kenapa dikasih nama Mbrebes Mili, menurut peternak sapi [kurban] Prasiden Jokowi, Pak Teguh, lantaran saking bahagianya sapinya dibeli oleh Presiden Jokowi jadi kurban di tahun 2024," ucapnya.

Ia menambahkan, selain sapi milik Jokowi, ada pula hewan kurban dari pejabat lainnya ialah seperti sapi milik Pj Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono, Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Imam Sugianto.

"Kemudian ada dari Pangdam juga dan Ibu haji Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur Periode 2019-2024," kata dia.

Helmy menerangkan jumlah hewan kurban di Masjid Al Akbar di 2024 ini diprediksi bakal bertambah dibanding tahun sebelumnya 2023. Ia menyebut, tahun ini kebanyakan hewannya berbobot lebih besar dari tahun lalu.

"Tahun ini Insya Allah bertambah. Biasanya malam Iduldha bakal ketahuan berapa jumlah perolehan hewan kurban sapi maupun kambing. Tahun kemarin sebanyak 30 sapi dan 40 kambing. Tahun ini sampai semalam adalah 26 sapi dan kambing sudah nyaris 40an," ucapnya.

Nantinya, semua hewan kurban nan ada di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya bakal dilakukan pemotongan, mulai Selasa 18 Juni 2024.

"Hewan kurban nan ada di masjid nasional Surabaya bakal dipotong H+1 tepatnya hari Selasa tanggal 18 Juni 2024," pungkasnya.

(frd/ugo)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional