Satgas Cartenz: KKB Bunuh Pilot Heli Warga New Zealand di Papua Tengah

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) dikabarkan menahan dan membunuh pilot helikopter PT Intan Angkasa Air Service, pada Senin (5/8).

Kepala Operasi (Kaops) Satgas Damai Cartenz Brigjen Faizal Ramadhani menyebut korban pembunuhan tersebut bernama Glen Malcolm (50) nan merupakan penduduk negara New Zealand.

"Benar telah terjadi penyanderaan dan pembunuhan nan dilakukan oleh KKB terhadap Glen Malcolm Conning nan merupakan pilot helikopter PT Intan Angkasa Air Service," ujarnya dalam keterangan tertulis.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Faizal mengatakan KKB juga turut membakar helikopter nan sempat diterbangkan korban berjenis IWN MD.500 ER PK di Distrik Alama, Mimika, Papua Tengah, sekitar pukul 10.00 WIT.

Faizal menambahkan tindakan pembunuhan itu terjadi saat helikopter nan dibawa oleh korban tiba di Distrik Alama dari Bandara Moses dengan membawa empat penumpang.

"Yang terdiri dari dua orang dewasa (nakes) dan satu bayi serta satu anak dari Bandara Moses Kilangin Timika tujuan Distrik Alama," jelasnya.

Sementara itu, Kasatgas Humas Damai Cartenz Kombes Bayu Suseno mengatakan berasas keterangan dari saksi D, setibanya di letak pendaratan seluruh penumpang langsung dihadang oleh KKB.

Ia menyebut personil KKB nan berada di letak langsung menodongkan senjata api dan menggiring pilot dan penumpang ke area lapang sekitar letak pendaratan.

"Setelah itu KKB langsung melakukan pembunuhan terhadap pilot. Jenazah Pilot dibawa ke helikopter kemudian dibakar berbarengan dengan helikopter," tuturnya.

Kendati demikian, Bayu memastikan seluruh penumpang nan berada di dalam helikopter dalam kondisi selamat lantaran merupakan penduduk lokal. Di sisi lain, dia menyebut Distrik Alama merupakan wilayah nan terisolir di Papua.

"Seluruh penumpang selamat, lantaran mereka merupakan penduduk setempat yaitu, Distrik Alama, Kabupaten Mimika," jelasnya.

"Berita tentang rencana pembebasan sandera pilot Philip nan mereka katakan bakal dilepas, itu hanya propaganda belaka. Nyatanya hari ini terjadi lagi, pilot asing dibunuh oleh KKB di Distrik Alama, Kabupaten Mimika," tuturnya.

Saat ini jejeran TNI-Polri tengah memburu pelaku penyanderaan dan pembunuhan terhadap pilot asing tersebut.

"Kami bakal terus melakukan upaya penegakan norma terhadap KKB nan melakukan gangguan kamtibmas di wilayah norma Polda Papua," pungkasnya.

(tfq/isn)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional