Satgas Cartenz Tangkap Anggota KKB Pembakar Camp PT Unggul di Papua

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Senin, 20 Mei 2024 10:14 WIB

Satgas Ops Damai Cartenz-2024 menangkap personil Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) wilayah Puncak berjulukan Lupa Waker namalain Lupa Walo, di Papua Tengah. Ilustrasi. Anggota KKB Pembakar Camp PT Unggul di Papua Ditangkap. (CNN Indonesia/Andry Novelino).

Jakarta, CNN Indonesia --

Satgas Ops Damai Cartenz-2024 menangkap personil Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) wilayah Puncak berjulukan Lupa Waker namalain Lupa Walo, di Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua Tengah pada Minggu, (19/5) sekitar pukul 14.30 WIT.

Kepala Operasi Damai Cartenz-2024, Kombes Faizal Ramadhani mengatakan Lupa Waker masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) mengenai kasus pembakaran camp dan perangkat berat milik PT Unggul di Mundidok, Kabupaten Puncak pada bulan Februari tahun 2021 lalu.

"Ya benar, kami dari Satgas Operasi Damai Cartenz sukses menangkap seorang KKB atas nama Lupa Walker di sekitar Tembagapura" kata Faizal dalam keterangan tertulis, Senin (20/5).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sementara itu, Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz-2024, AKBP Bayu Suseno menerangkan penangkapan personil KKB itu berasas hasil dari laporan masyarakat nan memandang keberadaan Lalu Waker di sekitar Tembagapura.

"Anggota KKB aktif Lupa Waker namalain Lupa Walo ditangkap berasas laporan dari masyarakat terhadap keberadaan nan berkepentingan sehingga Anggota kami langsung bergerak sigap untuk melakukan penangkapan," ujarnya.

Dari penangkapan Lalu Waker, abdi negara keamanan turut menyita sejumlah peralatan bukti. Di antaranya, satu bilah sangkur, satu noken, dua unit handphone, duit tunai Rp113 ribu, dan sebagainya.

Lebih lanjut, Bayu menyampaikan saat ini Lalu Waker tetap menjalani pemeriksaan intensif oleh penyidik. Kata Bayu, personil juga tetap terus melakukan pengejaran terhadap DPO lain dalam kasus pembakaran camp dan perangkat berat milik PT Unggul.

"Ya tersangka sudah kami bawa ke Posko ODC di Timika. Rencana kami selanjutnya adalah kami bakal melakukan pengejaran dan penangkapan terhadap 3 DPO lainnya nan terlibat dalam pembakaran camp PT Unggul pada tahun 2021 lalu," pungkas Bayu.

(dis/ugo)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional