SBY Sebut Indonesia Negara Kuat, Singgung Pesan Spider-Man

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Minggu, 12 Mei 2024 01:27 WIB

Presiden ke-6 Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyebut Indonesia sebagai negara kuat nan berpengaruh di Asia dan dunia. Presiden ke-6 Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyebut Indonesia sebagai negara kuat nan berpengaruh di Asia dan dunia. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden ke-6 Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyebut Indonesia sebagai negara kuat nan berpengaruh di Asia dan dunia.

SBY mengingatkan Indonesia agar menggunakan kekuatan itu untuk mewujudkan perdamaian. Dia mengutip pesan dari movie Spider-Man.

"Ingat ada movie namanya Spider-Man. Ada perbincangan itu Uncle Ben mengatakan with great power comes great responsibility. Artinya, dengan kekuatan dan kekuasaan nan besar, jangan lupakan tanggung jawabnya," kata SBY dalam program Special Interview CNN Indonesia Tv, Sabtu (11/5).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

SBY berbicara Indonesia punya tugas konstitusional menjaga perdamaian dunia. Indonesia juga kudu memihak sisi kemanusiaan saat memandang beragam bentrok di dunia.

Dia mendorong pemerintah untuk terus berkedudukan krusial di kancah dunia. SBY mau Indonesia melakukan diplomasi-diplomasi handal demi mewujudkan perdamaian dunia.

"Tentu tidak mungkin kita berdiam diri memandang korban bertumbangan di Gaza, di Palestina, sekarang ini for the sake of humanity. Kita peduli," ujarnya.

"Jangan lupa apa nan terjadi di bumi ini langsung alias tidak langsung, besar alias kecil, punya pengaruh terhadap Indonesia," imbuh SBY.

Mengenai bentrok antara Israel dan Palestina, SBY juga mengungkapkan pendapatnya tentang solusi nan patut ditempuh.

SBY mengatakan solusi itu berupa two state solution alias solusi dua negara. Dia berbicara kudu ada persetujuan semua pihak mengenai Israel dan Palestina sama-sama diakui sebagai negara berdaulat dan merdeka.

"Secara pribadi saya mendukung penuh konsep dua negara untuk mengatasi bentrok ini. Two state solution. Dalam makna Palestina menjadi negara merdeka, berdaulat, berdampingan dengan Israel," kata SBY.

(dhf/bmw)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional