Sebut Munaslub Kadin Ilegal, Arsjad Rasjid Akan Ambil Langkah Hukum

Sedang Trending 3 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Arsjad Rasjid mengatakan Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) nan telah terlaksana pada Sabtu, 14 September 2024 merupakan aktivitas ilegal.

Arsjad menyebut Munaslub nan mendongkel dirinya sebagai Ketua Umum dan memilih pengusaha Anindya Bakrie sebagai penggantinya tak sah secara norma dan Anggaran Dasar dan Rumah Tangga (AD/ART) Kadin. 

“Kami semua ini sangat menyayangkan, Munaslub ilegal. Sesuai dengan dasar norma nan ada, kami menegaskan bahwa kami tidak mengakui Munaslub di hari Sabtu lalu,” kata Arsjad dalam konvensi pers di Hotel JS Luwansa, Jakarta, pada Ahad, 15 September 2024. 

Selain itu, dia juga bakal mengambil langkah norma untuk menyikapi Munaslub kemarin.  “Kami bakal mengambil langkah norma untuk menjaga integritas organisasi dan menegakkan patokan norma nan berlaku,” kata diaz 

Arsjad menyebut saat ini Kadin di bawah kepemimpinannya sedang menginvestigasi untuk menelusuri latar belakang dari adanya Munaslub. Dia menyebut Kadin bakal memberi hukuman bagi personil nan terlibat dalam Munaslub ini. 

“Kami percaya bakal terungkap, bukti sah dan meyakinkan dalam corak surat dan arsip mengenai persiapan Munaslub nan menunjukkan perseorangan alias golongan di dalam Kadin Indonesia,” kata Arsjad. 

Iklan

Kemarin, usai terpilih menjadi Ketua Umum, Anin menyebut bakal melapor ke Presiden Joko Widodo dan Presiden Terpilih Prabowo Subianto.

“Pertama-tama kami mau melaporkan ini semua kepada pemerintah, baik pemerintah Jokowi dan kelak tentunya sesuai dengan izin dan pengarahan Pak Jokowi, kami juga mau memberikan suatu audiensi kepada presiden terpilih dan Mas Gibran,” kata Anin usai Munaslub di Hotel St Regis, Jakarta Selatan, pada Sabtu, 14 September 2024. 

Selain itu, Anin menyebut Kadin sebagai mitra strategis pemerintah bakal membikin rancangan ekonomi ke depan. Dia juga berhadap Kadin bakal dilibatkan dalam proses pemerintahan mendatang. 

“Teman-teman di Kadin Provinsi dan juga kabupaten itu mempunyai jaringan nan sangat luas sehingga kami berambisi dapat juga dilibatkan,” kata dia. 

Pilihan Editor: Jokowi Tak bakal Hadiri Pelantikan Anindya Bakrie sebagai Ketua Kadin Hari Ini

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis