Senang-Sedih Zulfikar, Calon Jemaah Haji Termuda dari Jakarta Barat

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Zulfikar terlihat bingung di tengah kerumunan orang-orang tua di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur. Zulfikar menjadi calon jemaah haji termuda dari kloter DKI Jakarta. Usia dia 19 tahun.

"Agak bingung sih, soalnya pengin komunikasi agak gimana gitu bapak-bapak, mungkin saya bakal usahakan," kata Zulfikar saat ditemui di Asrama Haji Pondok Gede.

"Mungkin perasaannya kombinasi campur lantaran belum ketemu sama nan sepantaran saya. Mungkin jika sudah ketemu bisa diajak ngobrol," sambungnya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Takdir membawa Zulfikar hendak ke tanah suci. Menjelang keberangkatan ibadah haji, sang ayah menderita sakit sehingga tidak bisa menunaikan rukun Islam kelima tersebut. Ia berbareng ibunya nan sudah berumur lanjut dijadwalkan berangkat ke tanah suci Minggu (12/5) besok.

"Kebetulan bapak saya akhir-akhir sebelum keberangkatan terkena penyakit dan sedikit komplikasi sehingga saya menggantikan bapak saya. Saya menggantikan bapak untuk keberangkatan haji berbareng ibu saya. Harusnya sih ibu sama bapak nan berangkat," tutur Zulfikar.

Ia mengatakan perasaannya kombinasi aduk. Ia tidak menyana bakal berangkat haji secepat ini.

"Campur aduk. Ada senangnya, ada sedihnya. Soalnya kan menggantikan bapak nan harusnya saya anterin bapak, jadi bapak nan anterin saya," imbuhnya.

Zulfikar nan merupakan penduduk Tambora, Jakarta Barat, ini mafhum ibadah haji memerlukan persiapan nan matang. Untuk itu, dia mengaku sudah mempersiapkan bentuk dan mental sebaik mungkin.

"Yang paling krusial mental dan pikiran lantaran ini bukan perjalanan 1-2 hari. Secara mental kuat-kuatin saja. Jadi, mikirnya gimana nanti, bukan kelak kayak gimana. Ya, kuat-kuatin saja," ucap Zulfikar.

Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Jakarta Cecep Khairul menyatakan sebanyak 385 calon jemaah haji kloter DKI Jakarta bakal berangkat ke tanah suci Mekkah.

"Dari jemaah ini nan termudanya di usia 19 tahun atas nama bapak Zulfikar, kemudian nan tertuanya 93 tahun," kata Cecep.

Teruntuk kloter pertama ini, terang Cecep, panitia menyediakan delapan bangku roda untuk calon jemaah haji lanjut usia (lansia). Ia mengatakan pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan instansi kesehatan Bandara Soekarno Hatta mengenai pelayanan terhadap calon jemaah haji terutama nan lansia.

"Karena kita pahami bahwa tagline pada tahun ini sama ialah ramah lansia sehingga kami melakukan beberapa pelayanan nan berbasis pada lansia," tandasnya.

(ryn/bmw)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional