Serba-serbi 6 Hal Sidang Kabinet Perdana Presiden Jokowi di IKN

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Presiden Joko Widodo alias Jokowi menggelar sidang kabinet berbareng para menteri Kabinet Indonesia Maju (KIM) untuk kali pertama Ibu Kota Nusantara namalain IKN, Kalimantan Timur pada Senin, 12 Agustus 2024.

Dalam pengantarnya, Presiden Jokowi menjelaskan bahwa Nusantara dibangun dengan konsep forest city nan dipenuhi dengan tumbuhan hijau. Berikut sederet kebenaran mengenai sidang kabinet perdana Presiden Jokowi di IKN.

1. Ajak Menteri ke Area Embung

Sebelum melaksanakan sidang kabinet, Jokowi membujuk Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin, Menteri Pertahanan nan juga Presiden terpilih Prabowo Subianto, serta para menteri KIM meninjau area embung di IKN. Presiden Jokowi tiba di area embung sekitar pukul 08.20 WITA, kemudian menyapa Wapres Ma'ruf Amin dan para menteri nan sudah datang lebih dulu di lokasi.

"Ini pada rapih-rapih banget pakai batik. Jadi, nan kelihatannya serius banget gitu lho," sapa Presiden Jokowi sembari berkelakar kepada para menteri, Senin, 12 Agustus 2024.

2. Sebut Kualitas IKN Lebih Baik

Kepala Negara mengatakan indeks kualitas udara di IKN lebih baik dibanding ibu kota negara lainnya. "Ya pertama saya mau Pak Wapres, Pak Prabowo dan semua menteri merasakan sungguh bersihnya udara di pagi hari di IKN. Tadi kita cek untuk air quality index-nya 6, padahal maksimal itu 50 di ibukota negara lain," kata Jokowi, Senin, 12 Agustus 2024.

Dia menambahkan bahwa kualitas udara di IKN sangat bersih dan baik untuk kesehatan. Jika dibandingkan dengan Singapura nan mempunyai indeks kualitas udara di nomor 53, indeks kualitas udara di IKN hanya berada di nomor 6.

3. Klaim IKN Penuh Penghijauan

Presiden Jokowi menyampaikan bahwa IKN dibangun dengan konsep forest city alias kota hujan nan penuh penghijauan. Ia mengatakan semua mobilitas di IKN pun bakal menggunakan kendaraan listrik dan daya hijau. Sejalan dengan konsep hijau tersebut, Jokowi mengatakan ekonomi nan bakal dikembangkan di IKN juga ekonomi hijau nan diiringi ekonomi digital.

“Bangunannya juga semuanya diarahkan ke green building,” kata eks Gubernur Jakarta itu dalam pidatonya sebelum sidang kabinet, Senin, 12 Agustus 2024.

4. Prabowo Melanjutkan Proyek IKN

Prabowo Subianto menyatakan bakal melanjutkan pembangunan mega proyek IKN Nusantara, nan diinisiasi oleh Presiden Joko Widodo. Menurut dia, unsur inti dari ibu kota negara baru adalah pusat pemerintahan.

Karena itu, ujarnya, pembangunan untuk kepentingan eksekutif, legislatif, dan yudikatif di IKN kudu diutamakan. "Gedung MPR, DPR jadi prioritas dengan perumahan personil MPR/DPR dan ruang kantornya, MA dan MK juga sangat mendesak," kata Prabowo dalam sidang kabinet paripurna perdana di Istana Garuda, IKN, Kalimantan Timur, Senin, 12 Agustus 2024.

5. Investasi Masuk Rp 56,2 triliun

Presiden mengatakan bahwa investasi pembangunan IKN telah masuk sebesar Rp 56,2 triliun, di luar anggaran dari anggaran pendapatan dan shopping negara (APBN). “Per hari ini perlu juga saya sampaikan bahwa di luar anggaran dari APBN, investasi nan masuk sudah Rp56,2 triliun rupiah,” ujar Jokowi dalam sidang kabinet paripurna perdana di Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur, Senin, 12 Agustus 2024 dikutip dari Antara.

Jokowi memaparkan bahwa sudah ada 55 penanammodal nan melakukan groundbreaking alias peletakan batu pertama. Adapun di antaranya, sektor pendidikan 6 investor, Kesehatan 3 investor, ritel dan logistik 10 investor, perhotelan sudah delapan investor, daya dan transportasi 2 investor, instansi dan perbankan 14 investor, kediaman dan area hijau 9 investor, serta media dan teknologi 3 investor.

6. Meletakkan Batu Pertama

Setelah sidang kabinet, Presiden Jokowi dijadwalkan untuk turut serta meletakkan batu pertama proyek prasarana di Kawasan Inti Pemerintahan Pusat, Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur. Presiden Jokowi dijadwalkan melakukan peletakan batu pertama untuk pembangunan instansi perbankan dan hotel dari perusahaan swasta.  

Adapun Wakil Presiden Ma'ruf Amin melakukan peletakan batu pertama untuk pembangunan Istana Wapres. Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan sekaligus Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S. Atmawidjaja mengatakan letak area Istana Wapres berada di Sumbu Timur, KIPP IKN.

KHUMAR MAHENDRA | DANIEL A. FAJRI | ANDRY TRIYANTO TJITRA | ANTARA | RIRI RAHAYU
Pilihan editor: Sidang Kabinet di IKN, Jokowi Bicara Investasi Hingga Tekad Prabowo Melanjutkan Ibu Kota Baru

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis