Siap-siap, Ada 60 Ribu Formasi CPNS MA dan Kejagung 2024

Sedang Trending 5 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas mengatakan, pihaknya menyiapkan susunan nan cukup besar di Kejaksaan Agung dalam susunan rekrutmen calon Aparatur Sipil Negara (CASN) alias CPNS pada tahun ini. 

"Tahun ini Kejaksaan Agung kami beri susunan cukup besar ialah 40 ribu formasi," kata dia di gedung Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Jakarta pada Jumat, 3 Mei 2024. 

Formasi ASN juga diberikan kepada lembaga Mahkamah Agung (MA) sebanyak 20 ribu untuk tahun ini. Anas berambisi para pengadil nan mempunyai latar belakang sama dan punya kemauan untuk menegakkan norma di Indonesia segera melamar.

Ia menjelaskan dasar dari rekrutmen pengadil dan jaksa bermulai dari pertemuan Presiden Joko Widodo alias Jokowi dengan Ketua MA Muhammad Syarifuddin. "Kemudian beliau koordinasi ke kami tentang kurangnya pengadil dan jaksa di beragam wilayah di Indonesia," ujar Anas.

Oleh lantaran itu, atas persetujuan presiden, susunan untuk lembaga Kejaksaan Agung dan MA diselenggarakan tahun ini. "Sehingga demikian, di daerah-daerah nan kekurangan pengadil bakal segera terisi," kata Anas.

Iklan

Adapun pemerintah bakal mulai memindahkan ASN ke IKN setelah upacara peringatan kemerdekaan Republik Indonesia. Anas mengatakan bahwa pemindahan bakal dilakukan secara bertahap. Adapun jumlah ASN nan diperlukan untuk berada di IKN pada prioritas pertama sebanyak 11.916 orang.

Selain pemindahan pegawai pemerintah pusat, pengisian ASN di IKN juga bakal dilakukan melalui rekrutmen calon ASN (CASN) dan mutasi pegawai pemerintah wilayah (pemda) di wilayah Kalimantan Timur. Anas mengungkapkan, pemerintah menyiapkan alokasi unik bagi para putra-putri terbaik di wilayah Kalimantan Timur untuk mengisi susunan ASN di IKN.

Pilihan Editor: Takut Dipolitisasi, Ombudsman Usul Pelaksanaan Seleksi CASN Ditunda sampai Pilkada Serentak

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis