Siapa Cawagub Potensial Pendamping Ridwan Kamil di Jakarta?

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Ridwan Kamil (RK) nyaris dipastikan bakal maju sebagai calon gubernur di Pilkada DKI Jakarta 2024. Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto telah menyampaikan bahwa Ridwan Kamil on the way menuju Jakarta, sementara Dedi Mulyadi bakal diusung sebagai calon gubernur di Jawa Barat.

Bertalian dengan itu, muncul wacana Koalisi Indonesia Maju (KIM) plus. Koalisi pengusung Prabowo-Gibran di Pilpres 2024 itu bakal membujuk parpol lain berasosiasi mengusung Ridwan Kamil.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad membuka kans calon wakil gubernur pendamping RK berasal dari parpol di luar KIM. Hal ini sebagai akibat dari terbentuknya KIM plus.

Dasco menyebut sosok itu kemungkinan bakal diumumkan dalam beberapa hari ke depan. Namun, sejauh ini bursa cawagub RK tetap terbatas dari parpol KIM. Siapa saja?

Kaesang Pangarep

Sekjen PSI Raja Juli Antoni mengatakan partainya ikut keputusan KIM di Pilgub Jakarta 2024 mengusung RK.

"Sekali lagi ditegaskan sikap PSI secara umum bakal mengikuti garis dari KIM. Jadi apapun keputusannya, mudah-mudahan diputuskan secara kolektif," kata Raja Juli di area Senayan, Jakarta, Senin (5/8).

Nama Kaesang sendiri memang sempat menguat di bursa Pilgub DKI Jakarta dan Jawa Tengah. Namun, terkini, Kaesang menyatakan siap melawan RK ataupun Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024.

"Ketika ada permintaan dari masyarakat, terkhusus DKI, saya siap. Siap untuk melawan Pak Anies. Saya juga siap untuk melawan Pak Ridwan Kamil. Saya kira itu saja," kata Kaesang di Jakarta, Selasa (6/8).

Jusuf Hamka

Jusuf Hamka namalain Babah Alun mengatakan Golkar menyiapkan 'Duo Ka'bah', ialah dirinya dan RK di Jakarta.

Ia menyebut Golkar belum menarik penugasan untuk dirinya meskipun kesempatan RK menguat di Jakarta. Golkar, katanya, bersiap dengan sejumlah skenario.

"Tidak apa-apa, sekarang Golkar menyiapkan duo Ka'bah, Kamil dan Babah," kata Hamka saat dihubungi CNNIndonesia.com, Senin.

Jusuf Hamka menjelaskan saat ini Ridwan Kamil dipersiapkan sebagai calon gubernur. Posisi calon wakil gubernur diserahkan ke partai lain.

Namun, jika Golkar hanya mendapatkan slot calon wakil gubernur, maka Jusuf Hamka nan ditugaskan. Skenario lainnya adalah Ridwan Kamil dan Jusuf Hamka langsung dipasangkan dengan support partai lain.

"Kalau kelak surveinya bagus, kita lihat. Kalau Jakarta kelak (cawagub RK dari) Gerindra alias partai lain, saya siap di Jawa Barat," ujarnya.

(mnf/tsa)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional