Simulasi Gempa Megathrust Selat Sunda di Jakarta Digelar Awal Oktober

Sedang Trending 1 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Jumat, 20 Sep 2024 12:55 WIB

Jakarta bakal menggelar simulasi gempa megathrust segmen Selat Sunda pada awal Oktober mendatang. Ilustrasi. Gempa megathurst selat Sunda nan berpotensi ancam Jakarta.( iStockphoto)

Jakarta, CNN Indonesia --

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jakarta bakal menggelar simulasi gempa megathrust segmen Selat Sunda pada awal Oktober mendatang.

Kepala Satuan Pelayanan (Kasatpel) Pengolahan Data dan Informasi Kebencanaan BPBD DKI Jakarta Michael Sitanggang mengatakan simulasi itu digelar di instansi walikota di lima wilayah kota manajemen di Jakarta.

"Baru saja hari ini kami menggelar rapat persiapan penyelenggaraan simulasi gempa bumi nan rencananya bakal dilakukan pada minggu ke-1 dan 2 Oktober 2024 di seluruh instansi walikota di lima wilayah," kata Michael saat dihubungi, Jumat (20/9).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sebelum penyelenggaraan simulasi, dia menyampaikan nantinya bakal dilakukan pre-assesment untuk memandang kesiapan sarana dan prasarana gedung.

Selain itu, BPBD DKI Jakarta juga melakukan edukasi mengenai kesiapsiagaan menghadapi gempa bagi para pegawai di lingkungan walikota.

"Adapun rencana simulasi penanganan kedaruratan gempa bumi bakal menggunakan skenario gempa megathrust Selat Sunda M 8,7 dengan skala akibat MMI VI-VII," ungkapnya.

BPBD DKI Jakarta sebelumnya mengungkap sejumlah potensi dan akibat nan bakal terjadi akibat gempa bumi megathrust segmen Selat Sunda bagi wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Megathrust Selat Sunda disebut bisa menimbulkan guncangan nan sangat besar, apalagi bisa berpotensi tsunami.

(lna/DAL)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional