Siswa SD Asal Banyuwangi Bikin Kagum Elon Musk Jawab Soal Matematika

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Seorang pelajar SDN 1 Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur Felicia Dahayu mendapat kesempatan berjumpa dengan pesohor teknologi CEO SpaceX sekaligus Tesla Inc, Elon Musk di sela aktivitas Forum Air Dunia alias World Water Forum ke-10 di Bali, pada Minggu (19/5).

Diberitakan Antara, Senin (20/5), siswi kelas V SD tersebut merupakan hasil dari training dengan metode Smart Gasing nan difasilitasi Pemkab Banyuwangi. Metode pembelajaran matematika ini dikembangkan oleh Profesor Yohanes Surya, seorang fisikawan Indonesia dan Pembimbing Tim Olimpiade Fisika Indonesia/TOFI.

Metode ini memadukan pengajaran matematika dengan pengembangan kepintaran lainnya, seperti kepintaran musikal, logika matematika, hingga kinestetik.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pertemuan Felicia dengan Elon Musk cukup menyita perhatian. Felicia datang berbareng pelajar dari Papua Jose Nerotou. Dalam pertemuan tersebut, Elon Musk sempat memberikan tes kepada dua bocah itu.

"Felicia dan Jose mendapat tantangan dari Elon. Tantangan itu adalah pengerjaan soal integral, salah satunya mereka diminta menghitung turunan volume bola. Jawaban dari dua bocah ini sempat membikin kagum Elon," kata Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani dalam keterangannya di Banyuwangi, Jawa Timur, Senin.

Bupati Ipuk mengatakan Felicia saat ini mendapat training unik dari tim Prof Yohanes Surya untuk menghadapi Olimpiade Matematika se-Asia. "Asia Science and Mathematics Olympiad for Primary and Secondary School (ASMOPSS)" nan diikuti para pelajar terbaik se-Asia nan bakal digelar tahun ini.

"Felicia berbareng Jose mendapat training unik dari tim Prof Surya dari Jakarta. Dia diajak Prof Surya di Bali, dan mendapat kesempatan berjumpa Elon Musk," ujar Ipuk.

Felicia terpilih oleh tim Prof Surya, lantaran sukses meraih juara Olimpiade Matematika di Bitung, Sulawesi, pada November 2023.

Selama satu tahun terakhir, Banyuwangi telah bekerja sama dengan Prof Yohanes Surya memberikan training berbilang sigap kepada para pembimbing dan pelajar Banyuwangi, menggunakan metode Gasing nan sukses meningkatkan keahlian matematika anak-anak.

Dengan metode pembelajaran gasing ini, anak-anak diajarkan lebih sigap belajar berhitung. Gasing memanfaatkan lagu, latihan logika, otak kiri-kanan, hingga motorik dalam penerapannya.

"Matematika ini menjadi salah satu pengetahuan terpenting, ratunya pengetahuan pengetahuan. Ini sekaligus membentuk logika anak, keahlian analisis, sehingga dengan dilatih matematika, mereka bisa menjadi anak dahsyat dan punya keahlian analisis. Semoga Felicia ini menjadi motivasi bagi anak-anak diBanyuwangi terus mencintai ilmu-ilmu sains," kata Ipuk.

(Antara/ugo)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional