Sri Mulyani soal Dugaan Data NPWP Bocor: Saya Sudah Minta Dirjen Pajak untuk Evaluasi

Sedang Trending 2 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati angkat bicara soal dugaan info Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) nan bocor. 

"Saya sudah minta Dirjen Pajak dan seluruh pihak di Kemenkeu untuk melakukan pertimbangan terhadap persoalannya," ujar Sri Mulyani usai menghadiri Rapat Paripurna Pengambilan Keputusan terhadap RUU tentang APBN Tahun Anggaran 2025, di Jakarta, Kamis, 19 September 2024, seperti dikutip dari Antara.

Bendahara Negara itu juga menyatakan, usai pertimbangan rampung, pemerintah bakal segera menggelar konvensi pers dan mengumumkan hasil pemeriksaan kepada awak media. "Nanti bakal disampaikan penjelasannya oleh Pak Dirjen Pajak (Suryo Utomo) dan tim IT," tuturnya.

Adapun Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat Ditjen Pajak Kemenkeu Dwi Astuti menyatakan pihaknya tetap mendalami kasus dugaan kebocoran info NPWP tersebut.

Dugaan bocornya info NPWP ini ramai diperbincangkan usai pendiri Ethical Hacker Indonesia Teguh Aprianto mengunggah tangkapan layar situs Breach Forums. Melalui akun X @secgron, dia menyebut sebanyak 6 juta info NPWP diperjualbelikan dalam situs itu oleh akun berjulukan Bjorka pada 18 September 2024.

Tak hanya NPWP, info nan juga terseret di antaranya Nomor Induk Kependudukan (NIK), alamat, nomor handphone, email, dan data-data lainnya. Adapun nilai jual seluruh info itu mencapai Rp 150 juta.

Iklan

Teguh lewat cuitannya juga menyebut info nan bocor juga termasuk milik Presiden Jokowi serta putranya Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep.

Menurut Teguh, sejumlah menteri juga termasuk dalam daftar pemilik info pribadi nan juga bocor. Sejumlah menteri itu adalah Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi, Menkeu Sri Mulyani Indrawati, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy.

Selain itu, data pribadi Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan hingga Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto juga disebut-sebut telah bocor.

Pilihan Editor: Kebocoran Data NPWP, Pakar Keamanan Siber: Reputasi Indonesia di Mata Dunia Tercoreng

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis