Sudirman Said Buka Suara soal Rencana Maju Pilkada DKI Jakarta 2024

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Sabtu, 11 Mei 2024 06:35 WIB

Sudirman Said mengaku sedang mempertimbangkan untuk maju sebagai calon gubernur di Pilkada DKI Jakarta 2024. Mantan Co-captain Timnas Anies-Muhaimin, Sudirman Said, mengaku mempertimbangkan buat maju di Pilkada Jakarta 2024. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

Jakarta, CNN Indonesia --

Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengaku sedang mempertimbangkan untuk maju sebagai calon gubernur di Pilkada DKI Jakarta 2024.

"Saya sedang terus mempertimbangkan segala sesuatunya dengan baik, dan pada waktunya saya bakal memutuskan," kata dia, kepada CNNIndonesia.com, Jumat (10/5).

Sudirman menyatakan beberapa partai politik telah berkomunikasi dengannya untuk menanyakan kesediaan dicalonkan di Pilgub Jakarta.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Bahkan, dia mengatakan ada sejumlah tokoh dan organisasi nan sudah lama memintanya mempertimbangkan untuk ikut serta dalam Pilkada di Jateng maupun di Jakarta.

"Mereka melakukan beragam inisiatif, antara lain menjajaki persyaratan jika maju melalui jalur perseorangan. Saya menghormati aspirasi mereka," kata dia.

Sudirman menegaskan rencana maju sebagai calon independen di Pilgub DKI Jakarta merupakan inisiatif teman-temannya nan mendukung, sehingga inisiatif tersebut kudu dihormati.

"Bagi saya, maju alias tidaknya ke Pilkada Jakarta adalah urusan publik, bukan agenda pribadi saya. Jadi biarkan publik nan mengelola prosesnya," kata dia.

Kabar Sudirman bakal maju sebagai calon gubernur Jakarta dibenarkan oleh Kepala Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU DKI Jakarta Dody Wijaya.

Ia mengatakan tim dari Sudirman Said sudah berkonsultasi dengan KPU Jakarta untuk maju sebagai bakal calon gubernur dari jalur perseorangan alias independen tahun 2024.

"Kemarin sore kami menerima dari tim Bapak Sudirman Said nan bakal daftar jadi bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur dari jalur perseorangan," kata Dody dalam keterangannya di Kantor KPU Jakarta, Jumat (10/5).

"Pak Sudirman Said sudah mengusulkan akses Silon [Sistem Informasi Pencalonan]," tambahnya.

Dody menjelaskan Sudirman Said bakal berpasangan dengan Ikatan Pedagang Pasar Indonesia Abdillah Mansuri lewat jalur independen.

(rzr/pmg)

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional