Sudirman Said Usai Tes Capim KPK: Tak Ada Pertanyaan soal Kasus

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Mantan Menteri ESDM Sudirman Said menyebut tidak ada pertanyaan mengenai kasus korupsi dalam tes tertulis calon pemimpin (capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Enggak ada pertanyaan mengenai kasus," ujar Sudirman usai tes tertulis di Pusat Pengembangan Kompetensi ASN Kementerian Sekretariat Negara(Setneg), Cilandak, Jakarta Selatan, Rabu (31/7).

Sudirman menyebut tes tertulis itu menyajikan pertanyaan esai. Terdapat 4 pertanyaan wajib dan 2 pertanyaan pilihan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Dari (pertanyaan) wajib maupun nan saya pilih tidak ada pertanyaan nan menyangkut masalah-masalah internal KPK," kata Sudirman.

Sudirman mengatakan materi tes tertulis itu seputar pengetahuan umum mengenai korupsi hingga isu-isu krusial.

"Jadi tentu lebih kepada pengetahuan umum mengenai korupsi, KPK, masalah-masalah nan dihadapi sekarang dan pandangan dari calon terhadap apa-apa nan menjadi rumor krusial. Misalnya soal kewenangan, perampasan nan aset, gitu-gitu lah. Jadi lebih merupakan pengetahuan umum dan visinya peserta," jelas Sudirman.

Sudirman enggan menilai tingkat kesulitan tes tertulis nan telah dia lalui itu.

Sudirman mengaku percaya lolos tes ini. Kendati demikian, Sudirman bakal menghormati apapun keputusan Pansel nantinya.

Ia turut ditanya soal kepercayaan dirinya lulus tes, sementara ada peserta lain nan merupakan petahana pimpinan KPK hingga pejabat kejaksaan.

"Saya percaya lantaran nan melamar ratusan orang, maka 10 nan dipilih oleh Pansel nan terbaik. Nanti bakal diserahkan pada DPR," jawab Sudirman.

Anggota Pansel Capim KPK Elwi Danil mengatakan 229 capim KPK hadir tes tertulis dari total peserta 236 orang. Lalu, ada7 capim nan tak hadir. Mereka pun dinyatakan gugur.

"Dengan demikian nan tidak datang 7 orang. Semua nan tidak datang itu laki laki," kata Elwi.

"Yang tidak datang itu dinyatakan gugur. Tidak ada (alasan tidak hadir). Dan mereka sudah tahu bahwa jika mereka tidak datang otomatis mereka gugur," tegas Elwi.

Elwi menjelaskan nama peserta nan dinyatakan lulus tes tertulis bakal diumumkan pada 8 Agustus 2024 melalui website Kementerian Sekretariat Negara (www.setneg.go.id) dan website kpk.go.id.

Pansel mengharapkan tanggapan dari masyarakat terhadap nama-nama peserta seleksi Calon Pimpinan dan Dewan Pengawas KPK Masa Jabatan Tahun 2024-2029.

Elwi mengatakan tanggapan masyarakat disampaikan langsung ke Sekretariat Panitia Seleksi sampai dengan tanggal 24 Agustus 2024, melalui website Administrasi Panitia Seleksi Elektronik (APEL) pada alamat https://apel.setneg.go.id, alias melalui email ke [email protected] dan [email protected].

Sebanyak 236 orang telah dinyatakan lulus seleksi manajemen capim KPK periode 2024-2029. Para nama nan lolos tersebut termuat dalam pengumuman nomor: 37/PANSEL-KPK/07/2024 pada Rabu (24/7).

Mereka nan lolos seleksi manajemen itu berasal dari beragam latar belakang, mulai dari pegawai KPK, polisi, jaksa, hingga politikus.

(pop/ugo)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional