Survei LSI: Elektabilitas Bobby Melesat di Pilgub Sumut, Ahok Ketiga

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Elektabilitas menantu Presiden Joko Widodo, Bobby Afif Nasution melesat dalam survei elektabilitas mengenai Pilkada Sumatera Utara (Sumut) nan dirilis Lembaga Survei Indonesia (LSI), Minggu (28/7).

Elektabilitas Bobby unggul dalam simulasi terbuka alias top of mind dan semi terbuka 23 nama.

Dalam simulasi top of mind, Bobby unggul dengan elektabilitas sebesar 34,2 persen. Sedangkan dalam simulasi 23 nama, Bobby unggul dengan 41,2 persen.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Di ranking kedua dalam top of mind, ada Gubernur petahana Edy Rahmayadi dengan elektabilitas sebesar 15,1 persen. Dan dalam simulasi 23 nama, Edy mencatat elektabilitas 21,1 persen.

"Jadi sama dengan nan top of mind, peta untuk sementara didominasi oleh dua nama, ialah Bobby Nasution dan Edy," kata Direkrut Eksekutif LSI, Djayadi Hanan.

Di bawah keduanya, dalam simulasi 23 nama, Basuki Tjahaja Purnama namalain Ahok di posisi ketiga. Ahok menyalip Wagub petahana dari Golkar Musa Rajekshah namalain Ijeck di ranking ketiga setelah dalam simulasi terbuka alias top of mind, namanya tidak masuk.

Ahok mencatat elektabilitas sebesar 7,3 persen. Disusul Ijeck di ranking keempat dengan 5,8 persen, dan politikus PDIP Nikson Nababan di ranking kelima dengan 2,4 persen.

"Nama-nama lain, termasuk Ahok nan sering disebut katanya mungkin berkompetisi di Sumut juga, tapi kita enggak tahu, itu nomor support elektabilitasnya di simulasi 23 nama itu di 7,3 persen," kata Djayadi.

Dari responden nan sudah menentukan pilihan, Djayadi menyebut, sekitar 70 persen di antaranya sudah menentukan pilihan namalain tidak bakal berubah. Sedangkan sisanya, sekitar 30 persen tetap dinamis.

"Ini berfaedah jika kita kembalikan ke top of mind, berfaedah nan susah untuk berubah itu baru di kisaran ini, support kuat terhadap Bobby sementara ini 30an persen," katanya.

Survei LSI dilakukan terhadap 800 responden nan merupakan penduduk Sumut nan sudah mempunyai kewenangan pilih. Survei dilakukan pada periode 7-17 Juli 2024 menggunakan multi stage random sampling, dengan margin of error kurang lebih 3,5 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Berikut urutan elektabilitas Pilkada Sumut dalam simulasi 23 nama:

1. Bobby Nasution 41,2 persen
2. Edy Rahmayadi 21,1 persen
3. Ahok 7,3 persen
4. Ijeck 5,3 persen
5. Nikson Nababan 2,4 persen
6. Tidak tahu/rahasia 13,8 persen

(thr/pua)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional