Survei Pikada Jateng: Duet Dico-Raffi Ahmad Ungguli Hendi-Taj Yasin

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Hasil survei Parameter Politik Indonesia menemukan simulasi duet Dico Ganinduto dan Raffi Ahmad memperoleh elektabilitas tertinggi di Pilkada Jawa Tengah 2024.

Survei dilaksanakan pada 15-21 Mei 2024 dengan menggunakan multistage random sampling dengan tingkat margin of error lebih kurang 3,5 persen.

Duet tersebut memperoleh nomor 28,3 persen unggul dari Hendrar Prihadi-Taj Yasin Maimoen dengan 25,6 persen, dan Yusuf Chudlori-Sudirman Said di nomor 16,4 persen.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Jadi nan mengaku bakal memilih pasangan Dico-Raffi itu adalah 28,3 persen, Hendi-Gus Yasin 25,6, kemudian Gus Yusuf-Sudirman Said 16,4 persen," kata Direktur Eksekutif PPI, Adi Prayitno dalam paparannya, Rabu (29/5).

Namun, nomor responden nan belum menentukan pilihannya juga cukup tinggi, melampaui elektabilitas Dico-Raffi, ialah sebesar 29,7 persen.

"Ini jika kita simulasikan tiga pasangan, itu artinya sepertinya memang duet Dico-Raffi ini relatif kuat dibandingkan dengan nan lain," ujarnya.

PPI juga mencoba dengan simulasi pasangan lain, kali ini Hendrar maju dengan Gus Yusuf, Dico-Taj Yasin, dan Ahmad Lutfi-Sudaryono.

Hasilnya, Hendrar-Yusuf unggul dengan elektabilitas 28,1 persen, disusul Dico-Taj Yasin 23,4 persen, dan Ahmad Luthfi-Sudaryono 9,1 persen.

Kemudian simulasi lainnya, Yusuf-Taj Yasin (25,4 persen), Hendrar-Joko Sutopo (21,7 persen), Ahmad Lutfi-Dico (18,2 persen).

Terakhir, Gus Yusuf-Joko Sutopo (22,9 persen), Bambang Pacul-Taj Yasin (21,1 persen), Dico-Ahmad Luthfi (20,2 persen).

Sementara, Lembaga survei Indeks Data Nasional (IDN) merilis hasil survei mengenai Pemilihan Gubernur Jawa Tengah (Pilgub Jateng) 2024. Hasilnya, Hendar Prihadi, Sudaryono dan Taj Yasin Maimoen bersaing ketat.

Direktur Eksekutif IDN Syifak Muhammad Yus menjelaskan survei IDN mengenai Pilgub Jateng 2024 ini digelar pada 5 hingga 12 Mei 2024 dengan melibatkan 800 responden margin of error 3,46% pada tingkat kepercayaan 95%. Menurutnya, segmentasi dari survei ini ialah wong cilik dan anak muda di Jateng.

Dalam survei ini beberapa nama tokoh untuk segmen wong cilik di Jateng nan diambil di antaranya Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi, Ketua DPD PDIP Jateng Bambang Wuryanto (Pacul), Bupati Kendal Dico Ganinduto, mantan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, Ketua DPD Gerindra Jateng Sudaryono, mantan Wagub Jateng Taj Yasin Maimoen (Gus Yasin), Ketua DPW PKB Jateng Yusuf Chudlori, dan Sudirman Said.

"Dari nama-nama tersebut, ketika diajukan pertanyaan kepada responden mengenai siapa nan bakal dipilih dalam Pilkada Jateng 2024-2029, enam nama nan muncul tertinggi ialah Hendrar Prihadi 19,6% di posisi puncak, disusul Sudaryono 15,7%, Taj Yasin Maimoen 14,9%, Dico Ganinduto 9,9%, Yusuf Chudlori 9,2% dan Ahmad Luthfi 8,6%," ucap Syifak.

(mnf/isn)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional