Survei Pilgub Sumut Buka Elektabilitas Terbaru Bobby, Edy hingga Ahok

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Lembaga Survei Vote Institute merilis hasil survei terbaru menjelang Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumatera Utara (Sumut) 2024. Peneliti Vote Institute Farida Hanim memaparkan ketenaran Bobby Nasution yang saat ini tetap menjabat Wali Kota Medan menempati posisi tertinggi per Mei 2024.

"Bobby Nasution nomor popularitasnya mencapai 21,4 persen. Pertanyaan ketenaran ini diajukan tanpa support show card namun berdasarkan top of mind dari responden," papar Hanim lewat keterangan tertulis, Rabu (29/5).

Menyusul di bawah menantu Presiden Joko Widodo itu adalah eks Gubernur Sumut Edy Rahmayadi sebesar 13,7 persen dan mantan Wakil Gubernur Sumut Musa Rajeksah (Ijeck) 3,9 dan mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama (Ahok) 3,8 persen.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Tak hanya popularitas, Bobby Nasution juga diklaim unggul dalam perihal elektabilitas jelang Pilkada Sumut 2024. 

"Elektabilitas Bobby mencapai 35,2 persen. Sementara Edy Rahmayadi 23,1 persen, Ahok 13,1 persen dan Ijeck 7,8 persen," kata Hanim.

Berdasarkan hasil survei, Hanim tak memungkiri status Bobby sebagai menantu Jokowi menjadi pertimbangan responden. 

"Ada 27,5 persen nan mengingatnya sebagai Walikota Medan, dan ada 23,3 persen nan mengaitkan figurnya dengan Jokowi," papar Hanim.

Hanim yang juga pengamat politik ini juga menilai keterkaitan dengan Jokowi menjadikan elektabiltas Bobby Nasution tinggi. Pasalnya, kedekatan dengan pusat membikin potensi pembangunan di Sumut bakal lebih mulus.

"Hal nan bisa dijelaskan dari survei bahwa ada kaitan antara kepuasan terhadap Jokowi dan elektabilitas Bobby Nasution. Sebanyak 76 persen pemilih Bobby Nasution adalah orang-orang nan puas dengan keahlian Jokowi," lanjut Hanim.

Selain itu, Hanim juga menyoroti alasan responden nan menilai Bobby Nasution tegas hingga bebas dari korupsi. Hanim juga menilai Bobby dilirik pemilih muda.

"Dibandingkan dengan bakal calon lain, pemilih muda memang condong memilih figur Bobby Nasution. Akan tetapi memang pula ada kecenderungan bahwa persentase pemilih Bobby Nasution menurun pada mereka nan berumur 55 tahun ke atas," pungkas Hanim.

Dari hasil survei nan melibatkan 1.800 responden di 33 Kabupaten/kota di Sumatera itu, ada setidaknya 21 tokoh nan menjadi objek wawancara siapa nan paling diinginkan untuk menjadi gubernur Sumut selanjutnya.

(tim/DAL)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional