Survei SPIN Pilgub Jateng: Taj Yasin Terpopuler, Dico-Hendrar Menyusul

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Survei dan Polling Indonesia (SPIN) mengungkapkan lima nama terkenal nan berpotensi menjadi calon gubernur di Pemilihan Gubernur Jawa Tengah.

Direktur Eksekutif SPIN Igor Dirgantara mengatakan terjadi pergeseran dari masyarakat Jawa Tengah nan memilih dengan memandang figur calon namalain bukan lagi partai pengusung.

Posisi pertama ditempati oleh Taj Yasin Maimoen nan merupakan Wakil Gubernur Jawa Tengah periode 2018-2023. Kemudian disusul oleh Dico Ganinduto (Bupati Kendal), Hendrar Prihadi (mantan Wali Kota Semarang dan Kepala LKPP), Sudaryono (Ketua DPD Gerindra Jawa Tengah), dan Muhammad Yusuf Chudlori alias Gus Yusuf (Ketua DPW PKB Jawa Tengah).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Kita lihat nan paling tinggi itu ada Taj Yasin Maimoen jika soal popularitas. Lalu diikuti oleh Dico, ini Bupati Kendal. Diikuti pula oleh Hendrar Prihadi, ini mantan Wali Kota Semarang. Lalu Sudaryono, Ketua DPD Partai Gerindra, lampau Gus Yusuf," ujar Igor dalam konvensi pers secara daring, Sabtu (8/6).

Igor menganggap wajar posisi satu dan tiga ditempati oleh Taj Yasin, Dico, dan Hendrar lantaran mereka semua kepala wilayah di Jawa Tengah. Namun, dia terkejut Sudaryono masuk ke deretan lima besar tokoh nan berpotensi menjadi calon gubernur Jawa Tengah.

"Sudaryono mengejutkan ada di posisi keempat, lantaran waktu Pilpres itu Sudaryono sering melakukan long march dari satu kota ke kota lain untuk memenangkan Prabowo-Gibran. Jadi, masyarakat saat ini, alias Sudaryono saat ini sering juga melakukan sosialisasi dari satu kota ke kota lain di Jawa Tengah," ungkap Igor.

"Sudaryono juga Ketua Umum Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI), Ketua Dewan Pembina Pedagang Pejuang Indonesia Raya (Pappera), dan mantan asisten Prabowo," lanjut dia.

Sementara itu, sejumlah tokoh lain di bawah persentase 40 persen adalah Kapolda Jawa Tengah Ahmad Luthfi, Wihaji, Casytha Arriwi Kathmandu, dan Rukma Setyabudi.

Sementara itu, dari sisi kesukaan, Taj Yasin tetap menduduki posisi teratas dengan nomor 50,8 persen. Selanjutnya diikuti oleh Hendrar Prihadi, Sudaryono, Dico Ganinduto, dan Gus Yusuf.

Survei ini melibatkan 1.070 responden nan merupakan masyarakat Jawa Tengah berumur 17 tahun ke atas. Pengumpulan info survei dilakukan pada 27 Mei-4 Juni 2024 dengan teknik Multistage Random Sampling. Margin of error kurang lebih 3,0 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

(ryn/sur)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional