Tak Umumkan Sikap ke Prabowo, PDIP Ingin Jadi Penyeimbang di Parlemen

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Politikus PDIP, Aria Bima mengungkap sejumlah argumen partainya hingga saat ini belum mengumumkan sikap untuk berada di dalam alias luar pemerintahan presiden terpilih Prabowo Subianto.

Bimo, sapaan akrabnya, mengatakan PDIP tak bakal menjadi oposisi. Namun, PDIP bakal menjadi kekuatan penyeimbang alias check and balances di parlemen alias legislatif.

"Kenapa juga PDI Perjuangan sekarang tidak memutuskan sebagai partai oposisi, tapi partai penyeimbang dan penguatan di kegunaan check and balances di legislatif," ucap Bimo di kompleks parlemen, Kamis (29/5).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Lebih lanjut, dia mengaku tak mau rivalitas pada Pilpres terus berlanjut, terutama pada pilkada mendatang. Oleh lantaran itu, kata Bimo, PDIP bakal terbuka komunikasi dengan semua partai pada pilkada mendatang, baik dari kubu 01 maupun 02.

Di lain sisi, Sekretaris Badan Pemenangan Pilkada PDIP itu menyebut bahwa para kepala wilayah dari partainya, jika terpilih pada Pilkada, toh juga bakal menjadi bagian dari pemerintahan Prabowo.

"Kita memandang bahwa kepala wilayah nan diusung PDI Perjuangan, baik itu di gubernur dan di Bupati/Wali kota, jika jadi mendapatkan support rakyat, itu juga bagian daripada pemerintah pusat nan ke depan bakal dipimpin oleh Pak Prabowo," katanya.

Rakernas V PDIP sebelumnya juga mendorong kekuatan penyeimbang alias check and balances untuk meningkatkan kualitas demokrasi. PDIP karenanya mendorong perlakuan nan setara terhadap partai nan berada di dalam dan luar pemerintahan ke depan.

Sementara, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dalam pidatonya mengaku tetap menghitung sikap politik partainya ke depan.

Mega memahami sikap politik PDIP sekarang ditunggu banyak pihak. Ia mengatakan DNA dan sejarah PDIP bakal terus berasas pada kebaikan bangsa dan negara.

"Ini pasti wartawan nan ditunggu iki, sikap dari Rakernas. Tadi pagi saya baca Kompas, Rakernas bakal menentukan sikap blabla, saya sembari sarapan. Aku bilang, lezat saja, iya dong. Gue mainin dulu dong," ucap Mega sembari terkekeh.

(thr/wiw)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional