Target Capai Level Asia, BRI Terus Mendorong Perbaikan Mutu BRI Liga 1

Sedang Trending 1 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

INFO BISNIS – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk alias BRI, sebagai sponsor utama, terus mendorong perbaikan mutu BRI Liga 1 agar levelnya naik di Asia dan ASEAN. Tak hanya itu, BRI juga berambisi terciptanya kejuaraan nan kondusif dan nyaman bagi penonton tetap menjadi prioritas di setiap musim baru liga.

Sejumlah patokan baru BRI Liga 1 diterapkan untuk meningkatkan kualitas kejuaraan dan mutu klub-klub peserta, sehingga bisa lebih bersaing di level Asia. Salah satunya adalah penggunaan VAR di 2024/2025 bermaksud agar pertandingan melangkah lebih bersih dan bisa dipertanggung jawabkan.

BRI telah menunjukkan komitmennya dalam mendukung perkembangan olahraga nasional melalui support penuh terhadap kejuaraan sepak bola ahli BRI Liga 1 selama 4 musim berturut-turut pada kejuaraan musim 2021/2022, 2022/2023, 2023/2024, dan pada kejuaraan BRI Liga 1 musim 2024 – 2025.

Keterlibtan BRI sepagai sponsor utama/titling sponsor kejuaraan kasta tertinggi di Indonesia nan melibatkan klub-klub sepak bola terbaik di tanah air ini telah menjadi simbol kebangkitan sepak bola Indonesia pada tahun 2021 dimana pada saat itu kejuaraan terhenti lantaran adanya pandemi Covid-19.

Sebagai sponsor utama BRI Liga 1, BRI berupaya untuk tidak hanya memajukan kualitas kompetisi, tetapi juga menciptakan akibat positif bagi seluruh ekosistem sepak bola di Indonesia. Dalam kesempatan terpisah, Direktur Utama BRI Sunarso mengungkapkan bahwa argumen utama BRI kembali menjadi sponsor untuk empat tahun berturut turut tak lepas dari komitmen perseroan untuk terus meng-create economic value dan men-deliver social value di tengah masyarakat.

Menurut Sunarso, sepak bola tetap menjadi olahraga rakyat nan paling digemari di Indonesia apalagi dunia, dan perihal ini sesuai dengan profil BRI nan mempunyai kemauan untuk melayani masyarakat luas dari beragam segmen nan tersebar di seluruh Indonesia.

“Oleh lantaran itu, kami menilai kejuaraan BRI Liga 1 menjadi sarana nan efektif dan efisien untuk meningkatkan eksposure jasa dan produk BRI, terutama Super Apps Digital Banking yang menjadi jagoan BRI ialah BRImo,” ujar Sunarso.

Partisipasi BRI sebagai sponsor utama Liga 1 dalam 3 tahun ke belakang telah berakibat positif terhadap peningkatan awareness masyarakat terhadap brand korporat BRI dan juga brand produk BRI khususnya BRImo.

Selain itu, perhelatan BRI Liga 1 2024 – 2025 terus didukung lantaran tak lepas dari aspek ekonomi nan diciptakan dengan bergulirnya kompetisi. Menurut survei dari LPEM Universitas Indonesia tahun 2020, perputaran ekonomi dari kejuaraan Liga 1 diproyeksikan dapat menciptakan perputaran duit antara Rp 2,7 hingga Rp 3 triliun dalam satu tahun.

Sementara berasas hasil riset terbaru BRI Research Institute nan dirilis pada Juli 2024, penyelenggaraan BRI Liga 1 berpotensi menciptakan perputaran duit (output ekonomi) nan jauh lebih besar bagi perekonomian Indonesia, ialah mencapai sekitar Rp 10,42 Triliun dan dari perputaran duit tersebut, dapat tercipta nilai tambah ekonomi (PDB) sebesar Rp 5,93 triliun. Selain itu terdapat tambahan pendapatan rumah tangga pekerja sebesar Rp 2,27 triliun, potensi pendapatan pajak tidak langsung bagi pemerintah sebesar Rp 866 miliar serta pembuatan kesempatan kerja sekitar 45 ribu orang.

“Berdasarkan hasil riset tersebut, kejuaraan BRI Liga 1 musim 2024-2025 kami proyeksikan juga bakal memberikan akibat positif secara ekonomi bagi stakeholder utamanya untuk menghidupkan mata rantai ekonomi kerakyatan dan meningkatkan pendapatan pelaku UMKM,” kata Sunarso. BRI pun berambisi perhelatan kejuaraan tahun ini dapat melangkah dengan lancar, serta dapat terus meningkatkan kualitasnya. (*)

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis