Teka-teki Teman Kaesang Inisial Y yang Beri Tumpangan Jet ke AS, Gang Ye?

Sedang Trending 2 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Deputi Pencegahan dan Monitoring Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Pahala Nainggolan mengungkapkan lembaganya telah mengantongi nama pihak nan memberi tumpangan jet pribadi kepada putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep dan istrinya Erina Gudono, untuk pergi ke Amerika Serikat pada Agustus lalu. 

Menurut Pahala, kawan Kaesang nan memberi tumpangan jet pribadi itu berinisial Y. Namun, lembaga antirasuah itu belum mengetahui profil dari pihak nan bersangkutan. 

“Inisial Y jika enggak salah depannya, tapi kita enggak tahu bener enggak nama lengkapnya ini, WNI apa WNA, pesawat punya siapa, kelak kita konfirmasi lagi,” kata Pahala Nainggolan, di Gedung Pusat Edukasi Antikorupsi KPK, Jakarta Selatan, Selasa, 17 September 2024.

Pahala juga menyebut membuka kesempatan untuk memanggil Y ke Gedung Merah Putih KPK guna mengonfirmasi pernyataan dari putra bungsu Presiden Joko Widodo alias Jokowi tersebut. “Kita lihat apakah bener (nebeng) begitu, kita konfirmasi pasti,” ucap dia.

Selain itu, Pahala juga mengungkapkan bahwa kawan Kaesang nan memberikan tumpangan jet pribadi tersebut tidak ikut serta dalam perjalanan ke Amerika Serikat itu. “Yang berkepentingan pergi berempat,” tuturnya.

Pahala menjelaskan, empat penumpang jet pribadi itu adalah Kaesang dan istrinya Erina Gudono, kakak istrinya, serta seorang staf. Lebih lanjut, dia tak menjawab secara gamblang soal kawan Kaesang nan tidak ada dalam pesawat. “Nanti kita tanya sama temannya,” ujar dia.

Sosok kawan Kaesang nan memberikan tumpangan jet pribadi secara cuma-cuma itu pun menjadi teka-teki. Lantas siapakah dia?

Nama Gang Ye, Petinggi Sea Group Terseret

Sebelumnya, dugaan gratifikasi jet pribadi Kaesang Pangarep dan Erina Gudono menjadi perbincangan warganet di media sosial Indonesia. Hal ini terjadi setelah Erina mengunggah pemandangan dari dalam jet pribadi melalui media sosial IG pribadinya.

Tak lama setelah itu, mencuat nama konglomerat asal Singapura, Gang Ye nan diduga sebagai sosok nan menyediakan akomodasi jet pribadi untuk anak dan menantu Presiden Jokowi tersebut. Adapun Gang Ye adalah petinggi perusahaan Sea Group nan mempunyai Shopee dan Garena, developer video game terkenal Free Fire. 

Netizen di media sosial juga menemukan kebenaran bahwa jet pribadi nan ditumpangi Kaesang dan Erina adalah Gulfstream G650ER dengan nomor registrasi N588SE. Potongan arsip nan memperlihatkan bahwa pemilik Gulfstream G650ER N588SE adalah Garena Online (Private) Limited, unit upaya Sea Group, turut ditemukan warganet.

Iklan

Meski begitu, Pahala Nainggolan tidak menjelaskan apakah kawan Kaesang berinisial Y itu adalah Gang Ye.

Salah seorang sumber Tempo di Shopee Indonesia belum bisa memastikan apakah jet pribadi nan ditumpangi Kaesang dan Erina Gudono itu terafiliasi dengan SEA Group. “Sejak tahun 2021, semua kendaraan operasional untuk dewan tidak ada lagi,” katanya. 

Sementara tenaga kerja Shopee lainnya, nan keberatan namanya disebutkan, mengakui bahwa dalam tiga tahun terakhir Sea Group cukup dekat dengan family Presiden Joko Widodo. “Sepertinya mungkin saja jet pribadi itu miliki petinggi Shopee,” kata sumber tersebut. 

Namun, hingga saat ini belum ada pernyataan resmi dari Gang Ye alias Sea Group mengenai jet pribadi tersebut.

Di sisi lain, Shopee sebagai anak perusahaan Sea Group mempunyai sejumlah kerja sama dengan Pemerintah Kota Solo sewaktu anak sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, menjadi wali kota. Di antaranya pembangunan Solo Technopark Solo dan pembenahan perkampungan kumuh di sana.

Kendati demikian, Gibran nan saat ini terpilih sebagai wakil presiden Indonesia periode 2024-2029, membantah kepergian Kaesang dengan jet pribadi mengenai dengan kerja sama tersebut.

Adapun Kaesang mempunyai upaya nan menjalin kerja sama dengan Sea Group. Bisnis tersebut adalah kepemilikan klub sepakbola Persis Solo nan disponsori oleh salah satu perusahaan milik Garena, Free Fire sejak 2021 lalu.

Antara, Nandito Putra, dan Dede Leni Mardianti, berkontribusi dalam penulisan tulisan ini.

Pilihan Editor: Sang Pisang dan nan Ayam Sepi Pembeli, Imbas Sorotan Kaesang Gunakan Jet Pribadi?

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis