Terbukti Nikah Siri dengan PPK, Ketua KPU Labusel Diberhentikan DKPP

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Rabu, 21 Agu 2024 00:00 WIB

Dalam sidang putusan DKPP, Ketua KPU Labusel divonis terbukti telah menikah siri dengan PPK Silangkitang, sehingga melanggar kode etik penyelenggara pemilu. Ilustrasi. Ketua KPU Labusel divonis terbukti telah menikah siri dengan PPK Silangkitang, sehingga melanggar kode etik penyelenggara pemilu. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Medan, CNN Indonesia --

Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) menjatuhkan hukuman pemberhentian tetap kepada Ketua KPU Kabupaten Labuhanbatu Selatan (Labusel), Sumatera Utara (Sumut), Saipul Bahri Dalimunthe.

Dia terbukti telah menikah siri dengan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Silangkitang.

Saipul dinyatakan terbukti melanggar Kode Etik Penyelenggara Pemilu (KEPP) berasas sidang pembacaan putusan di Ruang Sidang DKPP pada Senin (19/8).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sidang ini dipimpin Heddy Lugito selaku Ketua Majelis nan didampingi Anggota Majelis I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi, dan J Kristiadi.

Heddy Lugito mengatakan Saipul Bahri Dalimunthe menjadi satu-satunya teradu dalam perkara nomor 77-PKE-DKPP/V/2024. Dalam putusan itu, DKPP menyatakan bahwa Saipul telah melanggar ketentuan Pasal 21 ayat (1) huruf o Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017.

"Menjatuhkan hukuman pemberhentian tetap kepada teradu Saipul Bahri Dalimunthe selaku Ketua KPU Kabupaten Labuhanbatu Selatan terhitung sejak putusan ini dibacakan," kata Heddy Lugito dalam keterangan tertulisnya, Selasa (20/8/2024).

Heddy menyebut dalam pertimbangan putusan, DKPP menilai Saipul Bahri Dalimunthe terbukti telah menikah siri dengan sesama penyelenggara Pemilu, ialah Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Silangkitang, tanpa izin dari Pengadilan Agama.

"Dalam sidang pemeriksaan nan digelar pada 1 Juli 2024 juga terungkap bahwa Saipul telah melakukan hubungan tidak wajar di luar pernikahan dengan Anggota PPK Silangkitang sebelum melakukan pernikahan siri, " urainya.

CNNIndonesia.com belum mendapatkan keterangan resmi dari Saipul terkait hukuman pemberhentian dari DKPP tersebut.

(fnr/kid)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional