Terkini Bisnis: Pemilik Sepatu Bata hingga Jokowi Minta Timbal Balik Ekonomi

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Berita terkini ekonomi dan upaya hingga Senin sore, 6 Mei 2024 dimulai dari pemilik sepatu Bata nan sekarang pabriknya tutup di Purwakarta, Jawa Barat. 

Kemudian info mengenai penumpang Lion Air SUB-DUJ mendesak kompensasi Rp 300 atas keterlambatan keberangkatan pesawat selama 5 jam, dari Surabaya ke Banjarmasin.

Selain itu buletin tentang Presiden Joko Widodo alias Jokowi berambisi Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2025 sesuai dengan program pembangunan nan telah direncanakan. Berikut adalah ringkasan dari ketiga buletin tersebut.

1. Siapa Sebenarnya Pemilik Sepatu Bata nan Pabriknya Tutup di Purwakarta?

Salah satu produsen dasar kaki ternama di Indonesia, PT Sepatu Bata Tbk (BATA) mengumumkan bakal menutup pabrik produksi mereka di Purwakarta, Jawa Barat. Setelah 30 tahun beroperasi, pabrik tersebut diputuskan untuk berakhir beraktivitas akibat meruginya perusahaan imbas dari permintaan konsumen nan terus menurun. Hal ini berasas keterbukaan info di Bursa Efek Indonesia pada 2 Mei 2024.

“Dengan adanya keputusan ini, maka perseroan tidak dapat melanjutkan produksi di pabrik Purwakarta,” tulis Director & Corporate Secretary Sepatu Bata, Hatta Tutuko, 2 Mei 2024.

Berdasarkan keterbukaan info nan disampaikan manajemen, perusahaan telah melakukan beragam upaya selama empat tahun terakhir di tengah kerugian dan tantangan industri. Hantaman perekonomian akibat pandemi dan perubahan perilaku konsumen nan begitu sigap menjadi salah satu penyebabnya. Akibatnya permintaan pengguna terhadap jenis produk nan dibuat di pabrik  terus menurun.

Baca buletin selengkapnya di sini.

  • 1
  • 2
  • 3
  • Selanjutnya
Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis