Terkini Bisnis: Sebab Bandara IKN Dinilai Tak Layak untuk Penerbangan Komersil, Promo Tiket Kereta Api

Sedang Trending 1 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Berita terkini ekonomi dan upaya hingga Jumat siang, 27 September 2024 dimulai dengan Akademisi Kebijakan Publik dari Universitas Trisakti, Trubus Rahadiansyah, menilai airport di IKN, Kalimantan Timur, tak layak jika bakal difungsikan sebagai bandara komersial.

Kemudian info mengenai Direktur Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (PKTN) Kementerian Perdagangan (Kemendag), Rusmin Amin, menyatakan pengawasan peralatan impor ilegal di wilayah belum melangkah secara optimal.

Selain itu buletin tentang PT Kereta Api Indonesia alias KAI (Persero) menggelar promo tiket kereta api (KA) berjudul KAI Birthday Bash dalam rangka memperingati HUT ke-79 KAI. Berikut ringkasan dari ketiga buletin tersebut:

1. Bandara IKN Dinilai Tak Layak untuk Penerbangan Komersial, Ini Sebabnya

Akademisi Kebijakan Publik dari Universitas Trisakti, Trubus Rahadiansyah, menilai airport di IKN, Kalimantan Timur, tak layak jika bakal difungsikan sebagai airport komersial.

“Kalau lihat progres sampai hari ini sih belum (layak),” kata Trubus saat dihubungi pada Rabu, 25 September 2024.

Bandara di IKN belum layak digunakan sebagai airport komersial, menurut dia, di antaranya lantaran belum memperhatikan akses masyarakat terhadap airport di IKN. “Masyarakatnya belum banyak di sekitaran situ, jadi pengguna tetap sedikit. Saya menduga airport itu baru bisa untuk komersial di 2045. Itu pun jika diseriusin,” katanya.

Baca buletin selengkapnya di sini.

  • 1
  • 2
  • 3
  • Selanjutnya
Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis