Tiga Paslon Cagub-Cawagub Maluku Disebut Masih Satu Kerabat Wattimena

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Ambon, CNN Indonesia --

Tiga bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Maluku nan mendaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Pilkada serentak 2024 dilaporkan tetap satu kerabat.

Tiga bapaslon nan sudah mendaftar ke KPU untuk ikut Pilgub Maluku 2024 adalah Hendrik Lewerissa-Abdullah Vanath, Murad Ismail-Michael Wattimena, dan Jeffry A Rahawarin-Abdul Mukti Keliobas.

Menurut Abdul Mukti, di antara tiga bakal rival pada Pilgub Maluku itu rupanya tetap satu kerabat ialah Wattimena.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Yang jadi persoalan Pemilukada hari ini, lain daripada nan lain, lantaran wakil Pak Murad Wattimena dari ibu (ibu), saya Wattimena dari ibu (ibu), Pak Jeffry Wattimena dari ibu (ibu), dan Hendrik Lewerissa juga Wattimena dari ibu (ibu)," ujar Abdul Mukti Keliobas usai daftar di KPU Maluku, Kamis, (29/8) sore.

Oleh lantaran itu, dia berkelakar bahwa  Pilgub Maluku 2024 merupakan pertarungan family Wattimena melawan Wattimena.

Namun, baginya tidak ada persoalan. Pasalnya pada kontestasi tersebut mereka hanya dituntut untuk beradu pendapat demi pembangunan Maluku lima tahun nan bakal datang.

Raja Amarsekaru nan merupakan pemimpin tertinggi di Pulau Gorom Seram Bagian Timur itu menambahkan biar gimana pun corak pertarungan di Pilgub Maluku namun mereka tetap bakal menjaga hubungan persaudaraan mereka. Mereka bakal menjadi contoh tauladan sehingga siapapun nan bakal terpilih sama-sama memberikan dukungan.

"Ini berfaedah Wattimena musuh Wattimena, insyallah, tidak ada persoalan, nyaris semua Wattimena, tidak mungkin Wattimena makan Wattimena alias jeruk makam jeruk," demikian kelakar Abdul Mukti.

Dia mengatakan pihaknya berjanji bakal menjaga situasi dan keamanan selama pesta kerakyatan lima tahunan dihelat di provinsi berjudul raja-raja tersebut. Mereka juga, kata dia bakal memberikan support kepada pasangan nan terpilih melalui panggung Pilgub Maluku 27 November 2024.

"Kita bakal menjaga situasi Maluku agar kudu aman, siapapun nan nantinya terpilih kudu kita dukung," ujar Abdul Mukti.

Abdul Mukti Keliobas (AMK) merupakan bupati aktif dua periode di Kabupaten Seram Bagian Timur. Ia juga merupakan Raja Amarsekaru nan merupakan pemimpin tertinggi di Pulau Gorom Seram Bagian Timur.

Abdul Mukti Keliobas merupakan kader Partai Golkar dan menjadi bupati dua periode berturut-turut dari bunyi Golkar nan menjadi lumbung bunyi di Seram Bagian Timur.

Namun Partai Golkar tak mengusungnya di Pilgub Maluku. Malah, partai di bawah komando Bahlil Lahadalia itu memilih pilihan kepada petahana Murad Ismail dan Michael Wattimena.

AMK merupakan salah satu kader besutan Airlangga Hartarto. Usai Airlangga Hartarto lengser Golkar tak lagi memberikan panggung politik kepada AMK.

(sai/kid)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional