TNI AU Kerahkan Pesawat Cari Kapal BAKTI yang Hilang Kontak di Papua

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Selasa, 23 Jul 2024 15:52 WIB

Pesawat Boeing milik TNI AU dikerahkan mencari Kapal BAKTI Kominfo pembawa material BTS nan lenyap kontak dalam perjalanan dari Timika menuju Yahukimo. Pencarian Kapal BAKTI Kominfo nan dilaporkan lenyap kontak di perairan Yahukimo, Papua. (Foto: Basarnas)

Jakarta, CNN Indonesia --

Pesawat Boeing 737-200 Surveillance milik TNI AU turut dikerahkan untuk mencari Kapal Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kominfo pembawa material Base Transceiver Station (BTS) yang hilang kontak dalam perjalanan dari Timika menuju Yahukimo, Papua.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika I Wayan Suyatna mengatakan pengerahan pesawat tersebut untuk membantu proses pencarian dari udara.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Direncanakan bakal melakukan penyisiran lewat udara dengan pengamatan kamera pesawat nan lebih efektif dalam memantau setiap tempat nan dicurigai terdapat kapal LCT Cita XX," kata Wayan dalam keterangannya, Selasa (23/7).

Disampaikan Wayan, pencarian lewat udara bakal dilakukan dari titik awal kapal tersebut berlayar hingga titik akhir kapal berencana berlabuh.

Menurut dia, aspek cuaca tetap jadi hambatan utama nan dihadapi selama proses pencarian Kapal LCT Cita XX jenis LCT GT 145.

"Kendala mengenai dengan cuaca itu hujan kemudian berkabut di seluruh wilayah Timika," katanya.

Kapal LCT Cita XX jenis LCT GT 145 dilaporkan lenyap kontak sejak Rabu, 17 Juli 2024. Kapal tersebut terakhir berkomunikasi dengan kapal Prima Jaya nan melintas berbarengan pada hari sebelumnya, 16 Juli 2024.

Dari info nan disampaikan kru Kapal Prima Jaya, Kapal Cita XX tidak melaju dan posisi mengambil di pinggiran.

Kapal tersebut diketahui mengangkut 12 orang dan membawa material BTS, tower, power, dan VSAT untuk penyediaan sinyal 4G BAKTI Kominfo di wilayah Kabupaten Yahukimo, Provinsi Papua Pegunungan.

Kapal Cita XX berangkat dari Timika pada Senin, 15 Juli 2024 pukul 05.43 WITA dan dijadwalkan bakal tiba di Yahukimo pada Kamis, 18 Juli 2024.

Berikut daftar 12 penumpang kapal berasas info dari Basarnas:

1. Junaidi (nakhoda, laki-laki)
2. Dedi Irawan (mualim, laki-laki)
3. M Arif Efenfi (KKM, laki-laki)
4. Haikal (oilman, laki-laki)
5. Rusli (juru mudi-laki-laki)
6. Agiera (koki, laki-laki)
7. Nimrot G Tua (laki-laki)
8. Lukman Hakim (laki-laki)
9. Samsudin (laki-laki)
10. Asmoro
11. Suherman (laki-laki)
12. Alhakim (laki-laki)

(dis/wis)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional