TNI Bentuk Brigade Komposit dari 4 Batalion untuk Dikirim ke Gaza

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Kamis, 06 Jun 2024 14:48 WIB

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto mengatakan brigade komposit kelak berasal dari empat batalion berbeda untuk dikirim ke Gaza, Palestina. Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto membentuk brigade komposit nan personelnya berasal dari 4 batalion untuk dikirim ke Gaza, Palestina (ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA)

Jakarta, CNN Indonesia --

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto menyiapkan brigade komposit untuk diberangkatkan sebagai pasukan perdamaian ke Gaza, Palestina jika Indonesia mendapatkan mandat dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Personel dari brigade komposit nan dibentuk itu berasal dari empat batalion. Diketahui, brigade umumnya berisi 3-5 ribu personel.

"Kita bakal membentuk Brigade Komposit nan terdiri dari batalion support, batalion zeni, kemudian batalion kesehatan dan batalion perbekalan, ke sana," kata Agus usai menghadiri rapat kerja dengan Komisi I DPR, Kamis (6/6).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Batalyon Kesehatan mempunyai keahlian perawatan medis lantaran dilengkapi dengan dokter. Kemudian Batalyon Zeni bisa membikin bangunan pembangunan dan Batalyon Perbekalan bisa membikin dapur umum.

Terakhir, Batalyon Support disiapkan untuk membantu pengamanan bagi personel-personel nan bekerja di Gaza.

Menurutnya pasukan-pasukan pengamanan tetap diperlukan lantaran di wilayah tersebut tetap terjadi konflik.

"Jadi kita tetap mengamankan pasukan kita nan membantu," ucap dia.

Agus menyebut TNI juga menyiapkan dua kapal rumah sakit dalam misi perdamaian tersebut, ialah KRI Rajiman dan KRI Suharso.

Dua kapal rumah sakit itu dikirim untuk membantu perawatan bagi masyarakat nan terdampak konflik.

"Itu bisa merawat di dalam kapal, dan juga ada unit darurat bisa operasi kelas satu, ada x-ray dan ada UGD," tuturnya.

Wakil Menteri Pertahanan Muhammad Herindra mengatakan pengiriman pasukan tetap menunggu mandat dari PBB. Selain itu, Kemenhan berbareng TNI juga membahas rencana pemindahan korban sipil.

"Nanti kita kirim RS lapangan dan kita bisa pemindahan korban sipil nan ada di Gaza untuk dibawa ke Indonesia," kata Herindra.

(ANTARA/bmw)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional