TNI-Polri Diminta Kerahkan Alutsita Kawal Logistik Pilkada Papua

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Hadi Tjahjanto meminta TNI-Polri mengerahkan alutsista untuk membantu pengedaran logistik Pilkada Papua.

"Saya sampaikan pesan kepada TNI-Polri untuk mendukung proses pengiriman logistik lantaran kita lihat Papua ini, kita lihat secara geografis wilayahnya juga begitu berat dan secara demografis masyarakat tersebar di wilayah nan susah dijangkau," kata Hadi di Papua, Kamis (30/5).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ia menjelaskan TNI punya pesawat angkut hingga kapal nan bisa digunakan. Selain itu, Polri juga punya helikopter untuk membantu distribusi.

"TNI-Polri siap untuk membantu demi kelancaran proses pilkada serentak, khususnya kelancaran logistik dibantu dengan alutsista nan ada," ujarnya.

Hadi mengatakan di samping pengamanan Pemilu, TNI-Polri juga tetap memberi pengamanan pada masyarakat nan tinggal di wilayah rawan, terutama di Papua Pegunungan dan Papua Tengah.

"Tetap memantau kondisi nan terjaga di beberapa kabupaten di antaranya Nduga, Paniai, Intan Jaya, Pegunungan Bintang, Yahukimo dan Maybrat. Di samping kita mengamankan pemilu juga tetap jaga situasi kondusif di beberapa kabupaten," katanya.

Gelaran Pilkada di Papua diketahui bakal dilaksanakan di Provinsi Papua, Provinsi Papua Barat, Provinsi Papua Selatan, Provinsi Papua Pegunungan, dan Provinsi Papua Barat Daya.

Tahapan Pilkada 2024 telah dimulai dengan pemenuhan persyaratan support pasangan calon perseorangan.

Selanjutnya, seluruh tahapan bakal terus bergulir hingga penyelenggaraan pemungutan bunyi dan ditutup dengan penghitungan suara.

Hadi sebelumnya mengatakan Papua adalah salah satu wilayah nan menjadi konsentrasi dan perhatian pemerintah dalam gelaran Pilkada 2024.

Ia menyebut perlu ada perhatian unik terhadap situasi dan kondisi stabilitas politik, hukum, dan keamanan menjelang penyelenggaraan Pilkada di Papua, agar tahapan pilkada dapat melangkah dengan kondusif dan lancar.

(yoa/pmg)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional