TNI Siapkan RSPAD dan RSPPN Sudirman untuk Rawat Korban Gaza Palestina

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Kamis, 06 Jun 2024 17:49 WIB

TNI menyiapkan RSPAD dan RS Panglima Besar Sudirman milik Kemhan untuk merawat penduduk Palestina korban serangan Israel di Gaza. Warga Palestina korban serangan Israel di Gaza. (REUTERS/Hatem Khaled)

Jakarta, CNN Indonesia --

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto menyiapkan RSPAD Gatot Subroto dan RS Panglima Besar Sudirman milik Kemhan untuk merawat warga Palestina nan terluka akibat serangan Israel.

"Dan juga kami siapkan rumah sakit di dalam negeri RSPAD dan Rumah Sakit Pangsar Soedirman Kemhan andaikan pasien dari Gaza dirawat di Indonesia," kata Agus dalam rapat dengan Komisi I di kompleks parlemen, Jakarta, Kamis (6/6).

Agus menyampaikan kedua rumah sakit itu dapat menampung 1000 pasien nantinya. TNI bakal mengirimkan dua Kapal Republik Indonesia (KRI) dalam rangka misi kemanusiaan ke Gaza berupa KRI Radjiman dan KRI Suharso jika Indonesia mendapatkan mandat dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"KRI Radjiman diawaki oleh 163 personel dan mempunyai akomodasi 160 tempat tidur pasien. Sedangkan KRI Suharso bakal bisa menampung 40 pasien, dan mengangkut 500 personel," ucap dia.

Untuk KRI Suharso juga dapat mengangkut 14 kendaraan taktis dengan berat maksimal masing-masing 8 ton. Lalu untuk pemindahan darurat, TNI menyiapkan dua unit helikopter nan bakal dibawa di KRI tersebut.

Selain itu, kata Agus, TNI juga menyiapkan sejumlah kendaraan pendukung mulai dari kendaraan logistik, sanitasi, ambulans, hingga dapur lapangan untuk penduduk Gaza.
Adapun TNI menyiapkan brigade komposit untuk diberangkatkan sebagai pasukan perdamaian ke Gaza.

Personel dari brigade komposit nan dibentuk itu berasal dari empat batalion. Diketahui, brigade umumnya berisi 3-5 ribu personel.

Batalyon Kesehatan mempunyai keahlian perawatan medis lantaran dilengkapi dengan dokter. Kemudian Batalyon Zeni bisa membikin bangunan pembangunan dan Batalyon Perbekalan bisa membikin dapur umum.

Terakhir, Batalyon Support disiapkan untuk membantu pengamanan bagi personel-personel nan bekerja di Gaza.

(mnf/isn)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional