Upaya Gigih Kabupaten Badung Melestarikan Adat dan Tradisi

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Kabupaten Badung, Bali mempunyai beragam tradisi unik. Tradisi masyarakat lokal ini bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan nan melancong ke Pulau Dewata.

Setiap tradisi tersebut mempunyai makna dan tujuan masing-masing. Pertama tradisi Siat Yeh di Desa Adat Jimbaran.

Tradisi ini mempertemukan dua sumber Tirta alias mata air di Desa Adat Jimbaran. Pertama Pantai Suwung (air rawa) nan berada di timur dan nan kedua Pantai Segara nan berada di barat

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Mengutip situs Dinas Budaya Provinsi Bali, tradisi tersebut dilaksanakan sehari setelah hari Raya Nyepi oleh masyarakat budaya Jimbaran, terkhusus di Banjar Teba.

Kedua tradisi Kebo Dongol di Desa Adat Kapal. Tradisi Kebo Dongol adalah tradisi sakral nan dilaksanakan setiap enam bulan sekali setiap Piodalan.

Pelaksanaannya di Pura Kahyangan Jagat Dhalem Bangun Sakti Br, Basang Tamiang, Desa Adat Kapal, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung.

Kemudian Tradisi Ngaturang Bija di Desa Darmasaba. Tradisi ini dilaksanakan saat Upacara Ngenteg Linggih di Pura, baik pura teritorial ataupun pura kawitan.

Ngaturang Bija dilaksanakan oleh penduduk desa Darmasaba ialah Banjar Cabe, Banjar Manesa, Banjar Darmasaba, dan Banjar Panenjoan.

Keempat ada Tradisi Mekotek. Mekotek adalah warisan leluhur, budaya budaya, dan tradisi nan turun temurun terus dilakukan umat Hindu di Bali.

Perayaan upacara Mekotek selalu dilaksanakan penduduk Desa Munggu, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung Bali pada setiap Hari Raya Kuningan.

Selanjutnya ada tradisi Perang Tipat nan menjadi bagian dari proses ritual keagamaan turun-temurun pada setiap tahun berasas almanak Bali.

Ritual berjalan di Pura Kapal dan diawali dengan upacara persembahyangan berbareng seluruh penduduk desa.

Beberapa tradisi di Badung juga telah ditetapkan menjadi Warisan Budaya Tak Benda (WBTB).

Profil Kabupaten Badung

Kabupaten Badung adalah salah satu wilayah nan dinominasikan dalam CNN Indonesia Awards. arena penghargaan kedua nan digelar CNN Indonesia ini bakal berjalan pada 13 Mei 2024 di Bali.

Kabupaten Badung mempunyai 6 wilayah kecamatan, meliputi Kecamatan Kuta Selatan, Kecamatan Kuta, Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Mengwi, Kecamatan Abiansemal, dan Kecamatan Petang. Terdapat juga 62 desa/kelurahan serta 12 desat adat.

Ibu kota Badung berada diMangapura. Kabupaten ini terletak membujur dari tengah hingga selatan Pulau Bali.Kabupaten Badung mempunyai luas wilayah sebesar 418,52 km².

Daerah Badung meliputi Kuta dan Nusa Dua, lokasi wisata nan terkenal di Bali. Pada akhir tahun 2023, jumlah masyarakat Badung sebanyak 530.226 jiwa.

Kabupaten Badung dulunya berjulukan Nambangan sebelum diganti oleh I Gusti Ngurah Made Pemecutan pada akhir abad ke-18.

Secara administratif, wilayah Kabupaten Badung berbatasan dengan beberapa wilayah kabupaten/kota di Bali, ialah bagian utara dengan Kabupaten Buleleng, timur dengan Kota Denpasar, Kabupaten Bangli, dan Kabupaten Gianyar, selatan dengan Samudera Hindia, serta barat dengan Kabupaten Tabanan.

Kabupaten Badung sekarang dipimpin oleh Bupati I Nyoman Giri Prasta dan Wakil Bupati I Ketut Suiasa.

(tim/fra)

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional