Update Persiapan Upacara 17 Agustus di IKN, Bakal Ada Zikir Nasional

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Upacara peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan alias HUT RI ke-79 pada 17 Agustus 2024 bakal dilaksanakan secara hybrid di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur dan Ibu Kota Jakarta. Presiden Joko Widodo alias Jokowi menjelaskan, argumen pemerintah menggelar upacara 17 Agustus tahun ini secara hybrid adalah lantaran pertimbangan transisi. 

“Ini kan masa transisi. Masa transisi dari Jakarta menuju ke IKN Nusantara. Agar ada perjalanan menuju pindahnya itu kelihatan. Jadi di sini (Jakarta) tetap dilakukan, di sana (IKN) tetap dilakukan,” kata Jokowi usai meninjau Posyandu di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, pada Selasa, 11 Juni 2024.

Hingga kemarin, Istana belum menyampaikan kepastian mengenai unsur mana nan bakal mengisi rangkaian seremoni upacara Kemerdekaan di IKN. Adapun rangkaian seremoni HUT RI nan digelar secara hybrid ini mencakup intermezo hingga upacara pengibaran bendera.

Menurut Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, upacara 17 Agustus di IKN bakal dipimpin langsung oleh Jokowi, didampingi oleh Presiden terpilih Prabowo Subianto. Sementara gelaran di Jakarta bakal dikepalai oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin nan didampingi Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka.

Lantas, gimana berita terbaru mengenai persiapan upacara 17 Agustus di IKN? 

Kantor Kemenko 1 Jadi Akomodasi Petugas Upacara

Kantor Kementerian Koordinator alias Kemenko 1 di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan Ibu Kota Nusantara (KIPP) IKN bakal menjadi salah satu tempat menginap petugas upacara. Hal ini disampaikan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono ketika meninjau proyek tersebut pada Senin, 24 Juni 2024. 

Basuki Hadimuljono menuturkan progres pembangunan Kantor Kemenko 1 di ibu kota baru sudah mencapai 78,9 persen. “Ini bakal menampung petugas upacara 17 Agustus di IKN,” ujar Basuki Hadimuljono, dikutip dari siaran pers nan diterima Tempo.

Adapun tower nan bakal digunakan sebagai tempat penginapan adalah Tower 1 lantai 1 sampai 3. Menurut Basuki, tower tersebut bakal rampung pada 7 Juli 2024.  Untuk menambah kenyamanan petugas upacara, kementeriannya bakal menambah 10 bilik mandi portable di setiap kamar. Sebab, gedung ini hanya mempunyai enam bilik mandi permanen di setiap lantai. 

“Walaupun hanya menginap di sini satu-dua hari, orang kan butuh mandi,” kata laki-laki nan menjabat Plt Kepala Otorita IKN itu. “Kamar mandi portable nan krusial bersih, air sudah masuk tidak perlu pakai tanki lagi.”

Memorial Park Ditargetkan Selesai 16 Agustus

Pemerintah juga menargetkan pembangunan Memorial Park di IKN Nusantara selesai pada 16 Agustus 2024 alias sehari sebelum HUT ke-79 Kemerdekaan RI. Memorial Park dibangun sebagai corak penghormatan bagi pahlawan pejuang kemerdekaan Indonesia.

“Ini adalah event penting, kudu bisa dan kudu semangat,” ucap Menteri Basuki Hadimuljono, Senin.

Memorial Park merupakan area seluas 2.034 meter persegi, nan terdiri dari area altar seluas 1.690 meter persegi dan akses tangga seluas 344 meter persegi. Area ini juga dilengkapi dengan prasarana jalan dan lanskap. Menurut Basuki Hadimuljono, area terbuka Memorial Park dapat menampung 1.000 orang.

Selanjutnya: Progres Berbagai Bangunan di IKN....

  • 1
  • 2
  • Selanjutnya
Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis