Wakapolda Aceh Brigjen Armia Daftar Jadi Bakal Cabup Aceh Tamiang

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Banda Aceh, CNN Indonesia --

Wakapolda Aceh Brigjen Pol Armia Fahmi mendaftar jadi bakal calon Bupati Aceh Tamiang, Provinsi Aceh pada gelaran Pilkada 2024.

Berkas pendaftaran jenderal bintang satu itu pun diantarnya langsung ke instansi DPP Partai Aceh di Banda Aceh, Kamis (16/5). Partai Aceh adalah salah satu partai lokal di bumi Serambi Mekkah tersebut.

Armia mengatakan saat ini dirinya tetap aktif di Polri dan bakal pensiun pada Oktober 2024 mendatang. Soal pencalonan dan pensiun, perihal itu juga sudah disampaikan Armia ke Mabes Polri.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Saya kan pensiun kelak bulan Oktober, kelak kita bakal menyesuaikan nanti, lantaran ini tetap bakal calon kan masih," kata Armia Fahmi usai mengantarkan berkas pendaftaran.

Pelaksanaan pemungutan bunyi alias pencoblosan Pilkada 2024 digelar serentak se-Indonesia di wilayah provinsi dan kabupaten/kota pada 24 November mendatang.

Adapun tahapan pilkada sebelumnya adalah pendaftaran hingga pemenuhan bakal pasangan calon dari perseorangan 5 Mei-19 Agustus 2024. Selanjutnya pendaftaran paslon yang diusung parpol alias campuran parpol pada 27-29 Agustus 2024.

Tahapan berikutnya adalah penelitian persyaratan calon hingga penetapan pasangan calon nan digelar pada 22 September 2024.

Permohonan pensiun lebih sigap ke Kapolri

Mengingat tahapan pilkada yang melangkah sebelum dirinya pensiun tersebut, Armia mengaku bakal mengusulkan permohonan ke Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo agar dia bisa purnabakti lebih cepat.

"Ya kelak kita kasih ke Pak Kapolri mengenai permohonan untuk kita bisa pensiun," ujarnya.

Armia mengaku berdasar maju jadi calon orang nomor satu di Kabupaten Aceh Tamiang lantaran kondisi wilayah itu sejak pemekaran 22 tahun lampau tetap tertinggal dengan wilayah lain nan ada di Aceh.

"Aceh Tamiang itu kampung saya, saya tahu persis gimana kondisinya, saya memandang perkembangannya belum sesuai harapan. Saya berkeinginan untuk membangun Aceh Tamiang dan mensejahterakan masyarakatnya," ujar Armia Fahmi.

Sementara itu Juru Bicara Partai Aceh Nurzahri mengatakan, pihaknya tetap melakukan proses pendaftaran calon kepala wilayah hingga 20 Mei mendatang. Namun, unik di Aceh Tamiang baru Armia Fahmi nan mendaftar ke partai tersebut.

Hal terpenting kata Nurzahri, strategi Partai Aceh jadi partai terbuka rupanya direspons positif oleh semua kalangan. Partai Aceh, kata dia bukan lagi identik dengan partai eks kombatan namun milik masyarakat Aceh.

"Ternyata strategi Partai Aceh menjadikan partai ini menjadi partai terbuka direspons positif oleh semua kalangan termasuk Pak Armia Fahmi," katanya.

(dra/kid)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional