Wakil Presiden Minta Kemenaker Perbaiki Sistem Informasi Pasar Kerja

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Wakil Presiden Ma’ruf Amin menyampaikan pentingnya pengembangan dan penyempurnaan sistem info pasar kerja nan telah ada. Kementerian Ketenagakerjaan alias Kemenaker, kata dia, kudu bisa mengarahkan bumi pendidikan dan training guna mencetak talenta-talenta nan dibutuhkan oleh bumi kerja.

“Sistem ini kudu bisa menurunkan biaya rekrutmen tenaga kerja hingga membikin perusahaan menjadi semakin kompetitif. Sempurnakan pencocokan skill dan kebutuhan dalam pasar tenaga kerja melalui optimasi pemanfaatan sistem sehingga dapat mengurangi kesenjangan di sisi permintaan dan penawaran tenaga kerja,” kata Ma’ruf dalam sambutan Naker Award di JIExpo Kemayoran, Jakarta Utara pada Jumat, 23 Agustus 2024.

Ia juga meminta pemerintah untuk meningkatkan kerjasama nan lebih baik lagi antara pemerintah, perusahaan, dan pekerja serta seluruh pemangku kepentingan dalam menciptakan ekosistem tenaga kerjaan. Kolaborasi itu, kata dia, meliputi beragam aspek mulai dari pelatihan, penempatan, hubungan industrial, hingga pengawasan tenaga kerjaan untuk meningkatkan produktivitas tenaga kerjaan. 

Menurut Ma’ruf, bumi ketenagakerjaan muncul selain lantaran adanya aspek internal seperti banyaknya angkatan kerja nan tetap berilmu rendah alias bekerja di sektor informal, juga ada aspek eksternal, digitalisasi. Digitalisasi, kata dia, membikin waktu kerja semakin cair dan elastis tak hanya mengubah langkah bekerja, tapi juga memunculkan sejumlah pekerjaan baru. 

Iklan

“Sesuatu nan kami tak bayangkan sebelumnya seperti remote working memungkinkan menyelesaikan pekerjaan dan mendapatkan penghasilan dari bagian bumi manapun,” ujarnya.

Digitalisasi semakin meluas dan berkembang seiring dengan besarnya jumlah Gen Z, kata Ma’ruf, nan memasuki pasar kerja. “Kami juga terus melakukan perbaikan terhadap sistem penentuan tingkat bayaran minimum nan setara baik bagi pekerja maupun bagi pengusaha. Kemudian perbaikan jasa ketenagaan kerjaan seperti sistem info pasar kerja agar lebih terintegrasi secara nasional,” katanya.

Pilihan Editor: Daftar Formasi CPNS KKP 2024 untuk Lulusan SMA hingga S2 dan Kisaran Gajinya

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis