YouTube Shopping Diluncurkan di Indonesia, Negara Pertama di Asia Tenggara yang Bisa Nikmati Deretan Fitur Ini

Sedang Trending 2 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Indonesia menjadi negara pertama di Asia Tenggara dan ketiga di bumi nan bakal menikmati fitur YouTube Shopping. Direktur Regional APAC YouTube, Ajay Vidyasagar, mengungkapkan argumen Indonesia dipilih lantaran merupakan negara dengan potensi ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara.

“Ketika kami bakal me-launching, kami kira kudu menjadikan Indonesia sebagai negara pertama di Asia Tenggara. Di Indonesia ada lebih dari 2.000 kanal YouTube nan punya lebih dari satu juta subscriber,” ujar Ajay dalam bertemu media di Pacific Tower, Jakarta Pusat, Selasa, 17 September 2024.

Ajay mengungkapkan, fitur baru ini memungkinkan para penonton di Indonesia bisa mendapat rekomendasi shopping nan tepat dari konten pembuat nan mereka sukai. Pasalnya, berasas riset Google pada 2023 silam, 78 persen penonton YouTube di Indonesia percaya rekomendasi dari konten pembuat dapat membikin mereka lebih sigap mengambil keputusan untuk bertransaksi.

“Selain itu 91 persen penonton YouTube di Indonesia percaya jika konten pembuat YouTube bisa memenuhi semua kebutuhan info untuk membantu mengambil keputusan tepat saat belanja,” kata Ajay.

Sebelum Indonesia, YouTube Shopping terlebih dulu rilis di Amerika Serikat dan Korea Selatan. Di Indonesia, fitur nan memungkinkan pengguna melakukan transaksi lewat unggahan video, reels, hingga live streaming YouTube ini bekerja-sama dengan Shopee.

Iklan

Sementara itu, Senior Director of Marketing Growth Shopee Indonesia, Monica Vionna mengungkapkan kerja sama dengan YouTube membikin Shopee bisa menjangkau lebih banyak audiens. Selain itu, tidak ada izin nan berubah akibat kerja sama ini.

“Kalau dari Shopee tidak ada izin nan berubah. Sistemnya ketika diklik di YouTube maka kelak laman transaksinya bakal pindah ke Shopee,” katanya.

Monica yakin, kerjasama ini tidak terlambat meski pesaing sudah memulai sistem serupa terlebih dahulu. Setelah rilis di Indonesia, rencananya YouTube Shopping bakal rilis di Thailand dan Vietnam dalam beberapa pekan ke depan.

Pilihan Editor: Erick Thohir Siap Pertemukan CEO TikTok dan YouTube dengan Jokowi

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis