Zulhas Janji Beri Perhatian Khusus ke UMKM

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan alias Zulhas berjanji pemerintah bakal memberi perhatian unik kepada upaya mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Hal ini disampaikan Zulhas saat mengunjungi Koperasi Peternak Sapi Bandung Utara (KPSBU) Lembang di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat pada Kamis, 22 Agustus 2024.

Zulhas menjelaskan, perhatian unik itu diberikan pemerintah lantaran UMKM telah berkontribusi menyerap tenaga kerja di Indonesia hingga 90 persen. Selain itu, upaya itu menyumbang 60 persen produk domestik bruto (PDB) Indonesia.

“Oleh lantaran itu, pemerintah bakal memberi perhatian unik agar upaya skala ini dapat lebih berkembang,” ucap Zulhas, dikutip dari keterangan tertulis.

Zulhas sebelumnya mengatakan bakal mempertemukan para pelaku upaya mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dengan lembaga pembiayaan ekspor dan perbankan. Hal itu dia sampaikan saat berjumpa para pelaku UMKM di Rendang Asese, Padang, Sumatra Barat, Ahad, 7 Juli 2024.

Zulhas menjanjikan, lembaga pembiayaan ekspor bakal membantu para pelaku UMKM nan mau mengekspor produk-produknya. Sementara lembaga perbankan, kata dia, bakal dipertemukan dengan para pelaku UMKM nan memerlukan modal. “Kata kuncinya kerja sama,” kata dia, dikutip dari keterangan tertulis.

Iklan

Lembaga pembiayaan ekspor dan perbankan itu merupakan dua dari empat pilar nan dijanjikan Zulhas untuk memajukan UMKM. Selain kedua lembaga itu, dia mengatakan ada lokapasar alias marketplace dan pelaku UMKM itu sendiri.

Zulhas mengatakan, UMKM kudu mulai melakukan pemasaran di marketplace. Melalui marketplace dan media sosial, kata dia, UMKM diharapkan bisa meningkatkan transaksi penjualan dan memperluas jangkauan pemasarannya.

Tak hanya itu, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) itu menyatakan pemerintah pusat dan wilayah mendukung dan membina proses produksi UMKM. Pemerintah wilayah melalui dinas perindustrian dan perdagangan, kata dia, diharapkan terus membina agar produk UMKM semakin berbobot dan bisa diterima di luar negeri.

Pilihan Editor: Daftar Formasi CPNS KKP 2024 untuk Lulusan SMA hingga S2 dan Kisaran Gajinya

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis