Zulhas Lantik 8 Pejabat Eselon I Kemendag, Eks Kapolda Jateng Ahmad Luthfi Resmi jadi Irjen

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan resmi melantik tujuh Pimpinan Tinggi Madya Kementerian Perdagangan (Kemendag) dan satu Inspektur Jenderal Polri sebagai Pejabat Struktural Eselon I di Kantor Kemendag, Jakarta Pusat, Rabu, 14 Agustus 2024.

Dalam pelantikan itu, Zulhas berpesan agar mereka selalu waspada di tengah kondisi geopolitik dan ekonomi bumi nan tidak baik-baik saja. Dia meminta para anak buahnya agar selalu peka sehingga bisa merespons cepat. “Hal itulah nan menjadi tugas Saudara-saudara nan baru saja dilantik," kata Zulhas dalam keterangan tertulis, Rabu, 14 Agustus 2024.

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) itu juga berpesan agar para pegawai Kemendag turut mempersiapkan pemerintahan nan bakal datang. Menurut dia, transisi dari Presiden Joko Widodo ke presiden terpilih Prabowo Subianto kudu menjadi dasar menuju negara maju. "Tugas kita tinggal menghitung hari. Harus betul-betul bisa dipersiapkan sebaik-baiknya," kata Zulhas.

Pelantikan Inspektur Jenderal Kemendag didasarkan kepada Keputusan Presiden Nomor 65/TPA Tahun 2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan dari dan dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan Kementerian Perdagangan tertanggal 29 Mei 2024.

Sementara itu, pelantikan ketujuh Pejabat Eselon I lainnya didasarkan pada Keputusan Presiden Nomor 100/TPA Tahun 2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan dari dan dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan Kementerian Perdagangan tertanggal 6 Agustus 2024.

Delapan orang pejabat eselon I nan dilantik hari ini sebagai berikut:

1. Inspektur Jenderal Ahmad Luthfi sebagai Inspektur Jenderal.

2. Budi Santoso sebagai Sekretaris Jenderal.

Iklan

3. Moga Simatupang sebagai Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri.

4. Rusmin Amin sebagai Direktur Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga.

5. Isy Karim sebagai Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri.

6. Mardyana Listyowati sebagai Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional.

7. Kasan sebagai Kepala Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi.

8. Fajarini Puntodewi sebagai Kepala Badan Kebijakan Perdagangan.

Pilihan Editor: Kemendag Proyeksikan Toko Ritel Tetap Hadir Walau Banyak Transaksi Beralih ke Penjualan Online

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis