Zulhas Ungkap PAN Sepakat Dukung RK di Pilgub DKI 2024

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Dewan Pimpinan Pusat Partai Amanat Nasional (PAN) mengusulkan Eks Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK) untuk menjadi calon gubernur (cagub) lewat Pilkada Jakarta 2024.

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan mengatakan jejeran internal PAN telah menyetujui agar RK memperebutkan bangku DKI 1 itu. Namun, sosok pendamping RK sebagai cawagub belum diputuskan.

"Yang DKI saya mengusulkan Ridwan kamil. Saya kira semua sudah mau menyetujui RK untuk maju di Jakarta, sudah. Wakilnya belum diputuskan," kata Zulhas di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Rabu (19/6).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Zulhas mengaku tak cemas jika RK kudu berkontestasi dengan Mantan Gubernur Jakarta dalam Pilgub Jakarta 2024. Ia menyebut kontestasi tersebut adalah perihal nan biasa dalam sistem kerakyatan di Indonesia.

"Lah, namanya kerakyatan apa saja boleh kok," tutur dia.

Di sisi lain, Zulhas juga mengungkap kandidat nan bakal diusung partainya dalam Pilkada Jawa Timur dan Jawa Tengah 2024.

Zulhas mengaku bakal mengusung pasangan calon petahana ialah Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak di Pilkada Jatim 2024. Sementara di Pilkada Jateng 2024, dia bakal mengusung Kapolda Jateng Ahmad Luthfi.

"Satu, Jawa Timur sudah sepakat Khofifah pasangannya dengan Emil Dardak. Kedua, Jawa Tengah itu Pak Kapolda Luthfi," tutur dia.

Sebelumnya, Ketua DPP PAN, Saleh Partaonan Daulay mengatakan partainya sepakat mengusulkan Zita Anjani maju sebagai calon wakil gubernur di Pilgub DKI Jakarta 2024. Menurutnya, Zita mempunyai sejumlah pengalaman mumpuni untuk memimpin Jakarta.

Ia menyinggung pengalaman Zita sebagai Pimpinan DPRD DKI. Selain itu, Saleh mengatakan banyak aktivitas PAN berskala besar nan sukses di bawah pengarahan Zita.

"Mbak Zita itu politisi wanita nan pintar, kritis, pekerja keras, humanis, dan mempunyai pergaulan nan sangat luas. Ada banyak pekerjaan dalam bagian sosial-politik nan dikerjakan dengan sangat baik," kata Saleh. 

Zulhas juga sebelumnya mengatakan ada banyak kader partainya nan bakal maju dalam pemilihan Gubernur Jakarta.

Nama-nama itu mulai dari Eko Patrio, Pasha Ungu, hingga putrinya sendiri, Zita Anjani. Semua nama tersebut menurutnya pas untuk maju di Pilkada DKI lantaran termasuk kader nan bagus di partainya.

"Hebat deh, keren pokoknya," kata Zulhas ditemui di warung Mie Gacoan, Sunter, Jakarta Utara, Sabtu (4/5).

(mab/DAL)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional